Sukses

Gadis Ini Mampu Mengingat Semua Kisah Hidupnya Sejak Dilahirkan

Liputan6.com, Jakarta Rebecca Sharrock adalah gadis istimewa. Perempuan yang kini berusia 27 tahun itu mempunyai kemampuan yang sangat jarang dimiliki oleh kebanyakan manusia. Rebecca yang berasal dari Australia bisa mengingat dengan detail semua peristiwa yang dialaminya sejak berusia 12 hari.

Kenapa perempuan ini mempunyai kelainan super unik? Rupanya dia mengidap penyakit langka yang disebut HSAM (High Superior Autobiographical Memory) atau Hyperthymesia. Dengan kelainannya itu, ia masih bisa mengingat dengan jelas hadiah apa yang diterima saat merayakan ulang tahun pertamanya.

Selain mampu mengingat saat ia baru lahir dan dibawa pulang orangtuanya, ia juga mampu mengingat semua isi buku Harry Potter, bahkan kata per kata. Seperti dilansir Buzznigeria, Kamis (27/4/2017), ia adalah salah satu dari 80 orang yang mengidap penyakit langka tersebut.

"Saya ingat setiap peristiwa. Setiap momen yang aku alami, tentang cuaca, dan lainnya. Namun, karena saat itu saya belum mengenal konsep kalendar jadi tidak tahu tanggal berapa persisnya," katanya.

Perempuan itu mengaku, saat ia mengingat peristiwa masa lalunya, ia akan merasakan kembali perasaan yang dialaminya sebagai anak kecil meski ia kini telah dewasa. Misalnya saat ia mengingat saat berusia tiga tahun ia jatuh dan lututnya membentur rumput.

Rebecca juga mengungkapkan penyakitnya ini menghambat pergaulannya di sekolah. Dia pun menjadi sasaran celaan teman-temannya. Ia mengaku juga tidak bisa tidur dalam gelap, karena kegelapan membawanya ke masa lalunya dan itu menyebabkan tak bisa tidur semalaman.

Menurut ibunya, Janet Barnea, anak perempuannya ini awalnya menduga anaknya mengidap autisme. Namun pada tahun 2011, ia didiagnosa mengidap HSAM.

Untuk memahami HSAM, ia ikut berpartisipasi dalam penelitian yang diadakan para akademisi Amerika dan Australia. Ia berharap riset tersebut mampu membantu orang-orang yang mengidap penyakit seperti dirinya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.