Sukses

4 Cara Mudah Mengamankan iCloud dari Hacker

Kamu harus tahu bagaimana cara mengamankan iCloud dari hacker atau peretas sebelum kamu terlambat, dan iCloud kamu dibobol.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan iCloud merupakan bentuk pengembangan dari tren teknologi terbaru di bidang jaringan yaitu komputasi awan. Dengan iCloud kamu dapat mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam iPhone, iPad, dan Mac.

Bahkan, kamu bisa melacak, mengunci, dan menghapus seluruh data perangkat melalui iCloud. Ya, bisa dibilang akun iCloud adalah segalanya dan merupakan kunci dunia digital kamu.

Karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengamankan iCloud dari hacker atau peretas sebelum kamu terlambat, dan iCloud kamu dibobol. Yaitu adalah menjaga keamanan khususnya password yang digunakan di iCloud.

Berikut cara mengamankan password iCloud dari hacker atau peretas untuk menjaga keamanan iCloud.

1. Ubah password secara berkala, tapi jangan sandi yang sama

Kamu mungkin sudah mendengar hal ini, tapi apakah kamu benar-benar menerapkannya? Jujur saja, mengubah password adalah hal yang merepotkan. Terlebih lagi, ada lebih dari satu password yang harus kamu hafalkan.

Namun, sekali lagi ditekankan bahwa untuk mengubah password secara berkala itu penting. Kamu tidak harus mengganti-ganti password setiap bulan, setidaknya beberapa kali dalam satu tahun.

Nah yang lebih penting lagi, buatlah password yang kuat yang bisa menjaga keamanan iCloud kamu. Gunakan setidaknya 12 karakter, semakin panjang semakin kuat dengan kombinasi acak dari huruf, angka, dan simbol.

Untuk mengubah password iCloud, bisa dilakukan langsung dari iPhone, iPad atau perangkat iOS lainnya. Caranya buka Settings > Apple ID > Password & Security > Change Password.

2. Aktifkan verifikasi dua langkah

Mengubah password secara berkala dan membuat password yang kuat saja belum cukup. Guna menjaga keamanan iCloud dari para peretas, kamu perlu mengaktifkan verifikasi dua langkah atau juga dikenal otentikasi dua faktor.

Caranya, buka Settings > Apple ID > Password & Security > Two-Factor Authentication. Lalu, masukkan nomor telepon kamu.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.