Sukses

Kisah Rupesh, Anak Muda yang Tampangnya Berusia 160 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dongeng klasik Benjamin Button? Laki-laki yang saat lahir wajahnya mirip orang tua namun ketika usianya semakin bertambah, berangsur-angsur wajahnya berubah menjadi muda.

Kebalikan dengan Benjamin Button, Rupesh Kumar, laki-laki yang baru berusia 21 tahun ini telah mempunyai wajah seorang kakek-kakek berusia 160 tahun.

Rupesh yang tinggal di Hanumangani, India ini mengidap penyakit langka yang disebut hutchinson gilford progeria. Penyakit ini terjadi pada 1 banding 8 juta orang.

Progeria adalah penyakit genetik yang disebabkan mutasi gen LMNA yang menyebabkan penuaan dini 8 kali lebih cepat dibanding usia sebenarnya. Penyakit ini ditandai dengan rontoknya rambut dan kulit yang menghitam pada saat bayi usia 18-24 bulan.

Menurut elitereaders, Kumar adalah salah satu pengidap progeria yang paling lama bisa bertahan hidup. Kematian orang-orang yang mengidap penyakit ini, kebanyakan disebabkan oleh serangan jantung. Pada usianya yang sudah dewasa ini, Rupesh hanya mempunyai berat badan sekitar 19 Kg.

Menurut ayahnya, Ramapati Kumar yang berusia 45 tahun, awalnya Rupesh kecil mengalami sakit kepala dan sakit perut. Banyak dokter telah ia datangi, namun hasilnya sia-sia. Perkembangan Rupesh memburuk, kepalanya membesar sedangkan tubuhnya tampak kian menyusut.

Yang membuat laki-laki itu tambah sedih ialah, pernah ada seseorang yang datang ke rumahnya. Dia menawarkan Rupesh agar bergabung untuk bermain di sirkusnya. Mereka menawarinya upah yang sungguh menggiurkan, sekitar 61 juta rupiah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.