Sukses

Selama 40 Tahun, Lansia Tanpa Kaki Ini Urus Keluarganya Sendirian

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini seorang petani di Tiongkok membuat gempar kalangan netizen, Laki-laki berusia 60 tahun ini sejak 40 tahun yang lalu harus merawat ibu dan saudaranya yang memiliki keterbelakangan mental.

Netizen memuji sikap laki-laki yang bernama Xi Tiangen. Meski dia tidak mempunyai kaki ia tak menyerah. Dengan usaha sendiri laki-laki ini mampu merawat dan menghidupi keluarganya.

Foto: Shanghaiist

Xi Tiangen tiba-tiba populer setelah foto-fotonya beredar di media sosial. Foto-foto Xi Tiangen memang mengharukan. Salah satu foto menunjukkan dia sedang berjalan di tangga, foto lain yang membuat banyak orang terharu adalah ketika dia sedang memasak.

Foto: Shanghaiist

Xi Tiangen yang berasal dari Provinsi Henan Tiongkok ini kehilangan kedua kakinya karena  kecelakaan. Saat itu usianya baru 19 tahun.

Pada tahun 1996, ayah Xi meninggal dunia. Kepergian ayahnya ke alam baka ini membuatnya begitu terpukul. Ia harus merawat ibunya dan saudaranya yang mempunyai keterbelakangan mental.  

Hanya dengan kedua tangannya, laki-laki itu mengurus lahan pertanian miliknya. Ia mencari nafkah semata-mata untuk menghidupi ibu dan saudara laki-lakinya. Sayang ibunya menyusul ayahnya ke surga pada tahun 2006. Sembilan tahun kemudian, saudara laki-lakinya juga menyusulnya.

Foto: Shanghaiist

Xi kini hidup sebatang kara, tak punya keluarga. Karena ia menggunakan tangannya setiap saat untuk beraktivitas, mengakibatkan beberapa jari Xi melengkung secara permanen.

Mendengar kisah hidup Xi, beberapa orang kemudian melakukan penggalangan dana. Setiap bulan Xi mendapat santunan sekitar ratusan ribu per bulan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Tak Punya Biaya, Istri Bawa Suami Sakit Pakai Gerobak
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Melacak Sejarah dengan Jadi Tukang Becak untuk Lansia