Sukses

Kemampuan Lalat yang Harus Kamu Waspadai Jika Hinggap di Makanan

Lalat merupakan serangga yang membawa kuman cukup banyak. Serangga kecil ini bisa membawa sekitar 100 kuman.

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu melihat seekor lalat hinggap di makananmu, apa yang akan kamu perbuat? Apakah kamu akan membuang makananmu atau akan hanya mengusirnya? Jika kamu termasuk kepada orang yang hanya akan mengusirnya, kamu harus berhati-hati.

Melansir Viral4Real, lalat merupakan serangga yang membawa kuman cukup banyak. Serangga kecil ini bisa membawa sekitar 100 kuman. Kuman-kuman tersebut termasuk antaraks, tipus, tuberkolosis, dan diare.

Seorang profesor di Universitas Cornell bernama Dr. Jeff Scott mengatakan bahwa lalat bisa membawa apapun yang keluar dari pada hewan seperti bakteri dan virus. Lalat dapat memindahkan bakteri tersebut secara cepat ke dalam makananmu.

"Lalat merupakan pemindah patogen mikroorganisme paling menjijikkan yang bisa kamu bayangkan," kata Dr. Jeff Scott.

Namun, hal tersebut tidak akan membuatmu sakit. Kamu akan baik-baik saja setelah memakan makanan yang telah dihinggapi lalat. Dosen Kesehatan Universitas Sydney, Cameron Webb mengatakan kuman yang mereka bawa ke makananmu tidak akan menyebabkan penyakit.

Penulis:

Nadia Donna

Institut Pertanian Bogor

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini