Sukses

Pertarungan Seru Master Taichi dan Pegulat MMA, Siapa Menang?

Pertarungan tersebut terekam dalam video yang kemudian tersebar secara viral.

Liputan6.com, Sichuan - Seorang master taichi berhasil dikalahkan pegulat mixed martial arts (MMA) hanya dalam waktu 10 detik. Pertarungan antara teknik tempur tradisional melawan gulat modern itu terekam dalam video yang kemudian tersebar secara viral.

Pertarungan tersebut terjadi di depan kerumunan banyak orang di Chengdu, Provinsi Sichuan, Tiongkok. Dalam sekejap, pegulat MMA bernama Xu Xiaodong itu berhasil membuat master taichi bernama Wei Lei terkapar di lantai.

Pertempuran itu bermula dengan kuda-kuda dari masing-masing pakar beladiri tersebut. Xu memulai pertarungan dengan posisi tinju, sementara Wei meniru gerakan belalang.

Keduanya bertarung setelah memperdebatkan manfaat seni bela diri tradisional Tiongkok taichi secara daring. Menurut Wei, Xu telah melewati batas dengan mengejek taichi.

"Ia menghina taichi, termasuk mengutuk pendiri gerakan tersebut. Tak ada kata maaf untuknya," kata Wei seperti dilansir dari Shanghaiist.

Setelah kekalahannya yang cepat, Wei yang mengaku penemu gerakan taichi gaya guntur menulis perasaannya di blognya.

"Semua master bela diri China sedang menonton. Saya akan melakukan apapun yang harus saya lakukan. Setiap orang harus dengan tenang menggunakan kemampuan berpikir mandiri mereka."

Sementara Xu yang menang juga berharap Wei menanggapi pertarungan tersebut dengan jiwa besar. Ia mengaku sempat lepas kendali dengan mengejek taichi, tapi ia meminta maaf dan menerima hasil pertarungan mereka.

 

Netizen ramai mengomentari hasil pertarungan dua bela diri beda disiplin ilmu tersebut. Beberapa komentar mengungkapkan keraguan tentang kekuatan seni bela diri Taichi dan menyebut Wei lemah. Namun yang lain mengatakan bahwa Wei dan Xu tidak mewakili praktik bela diri masing-masing.

"Taichi adalah untuk tujuan latihan. Jadi dalam praktiknya tidak bisa sesuai dengan gaya bertarung modern. Kalau tidak, semua orang di militer pasti sudah belajar taichi," tulis salah satu netizen.

"Ini bukan tentang menang atau kalah. Tapi untuk menunjukkan pada semua orang apa itu taichi," tulis yang lain.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.