Sukses

Almamor, Komunitas Musisi yang Lawan Pembajakan

Komunitas musisi Timor Leste melawan pembajakan musik dan hak cipta melalui Almamor.

Liputan6.com, Jakarta Sama seperti Indonesia, Timor Leste juga memiliki masalah soal Undang Undang Hak Cipta dan royalti bagi para musisi. Tak ingin masalah tersebut berlarut-larut, organisasi musik Timor Leste bernama Almamor berniat mengatasinya.

Almamor merupakan organisasi musik yang dibentuk setelah Timor Leste di tahun 2000 silam. Saat ini, organisasi yang memiliki arti nama alma (jiwa) dan mor (cinta) itu, tengah bersiap memilih ketua umumnya yang baru.

"Sebelumnya dijabat oleh Nelson Correia. Karena kita ingin ada perubahan untuk memajukan industri musik di Timor Leste dan kita juga ingin membuat Undang Undang untuk melindungi musik dan musisi," ucap Abio Salsinsha, musisi Timor Leste yang menjadi bagian Almamor, melalui press release, Selasa (2/5/2017).

Abio Salsinha menjelaskan, nantinya pemilihan ketua umum akan dihelat melalui kongres Asosiasaun de Artista de Timor, yang melibatkan 13 distrik di Timor Leste, pada 5 Mei 2017 yang di tunjuk Erik sebagai panitia kongres.

"Kalau anggotanya baru sekitar 400-an. Mungkin setelah kongres ini saya harap bisa lebih dari itu anggotanya," Abio Salsinha melanjutkan.

Dalam kongres itu pula, Abio Salsinha menjadi calon kuat kandidat ketua umum Almamor. Sebab, menurut Abio, banyak rekan-rekan sesama musisi di Timor Leste yang memintanya maju dalam kongres.

"Sebenarnya saya juga mau menolak untuk menjadi calon kuat sebagai ketua Almamor. Karena saya punya cita-cita menjadi Duta Musik Timor Leste untuk Indonesia. Saya mau kembangkan budaya Timor Leste di Indonesia dan mau ajak kerjasama wisata Timor Leste dengan wisata Indonesia," ungkap penyanyi yang sempat menelurkan single berjudul CLBK ini.

"Pemerintah Timor Leste sangat mendukung dalam segala kegiatan   atau aktivitas Almamor, dan saya berharap nanti yang terpilih sebagai  ketua baru, harus ada perubahan yang menguntungkan para musisi di Timor Leste. Ketua  baru juga  harus  mengembangkan dan memasarkan karya dan album musisi Timor Leste ke luar negeri," dia mengharapkan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.