Sukses

7 Foto Momen Paling Bersejarah yang Pernah Tertangkap Kamera

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa foto berikut menggambarkan momen bersejarah yang tidak pernah terlupakan. Ada yang memilukan dan beberapa seolah mengingatkan kita bahwa sejarah terus berulang.

Misalnya saja foto di atas menunjukkan betapa kejamnya manusia. Foto itu diambil pada 1915 selama Genosida Armenia. Dalam foto itu, terlihat seorang pejabat Turki menggoda anak-anak yang kelaparan dengan menunjukkan pada mereka sepotong roti.

Bagaimanapun, gambar dapat bernilai lebih dari 1 juta kata-kata. Foto-foto berikut semoga dapat menjadi pelajaran bagi Anda.

1. Tragedi WTC

Doc: Richard Drew

Foto tersebut diambil oleh Richard Drew dan menunjukkan seorang pria yang jatuh dari World Trade Center di New York saat teror 11 September 2001 terjadi. Banyak yang mengkritik kalau foto tersebut tidak sensitif, tapi Drew berkilah bahwa foto itu memiliki kisah yang kuat, teror, dan kesedihan.

2. Tank Man

Tank Man

Setelah ratusan orang tewas akibat kekerasan terhadap demonstran mahasiswa di Beijing, seorang pemrotes berdiri sendirian depan sederet tank di Lapangan Tiananmen pada 1989. Foto tersebut kemudian terkenal menjadi simbol pembangkangan dalam menghadapi penindasan.

3. Pertandingan sepak bola

-

Dalam foto itu, tampak Pele dan Bobby Moore bertukar jersey. Foto yang diambil pada 1970 itu menjadi simbol saling menghormati saat Piala Dunia dirusak oleh rasisme.

4. Pemadam kebakaran dan koala

-

Gambar ini diambil di Australia pada 2009 setelah kebakaran yang merusak Victoria. Terlihat seorang pemadam kebakaran memberikan air pada koala yang kehausan.

5. Bunga untuk tentara

Doc: Marc Riboud

Salah satu foto paling bernas yang pernah diambil. Foto ini diambil oleh Marc Riboud dan menunjukkan seorang wanita muda bernama Jane Rose Kasmir, meletakkan bunga di bayonet tentara di Pentagon. Peristiwa itu terjadi pada 21 Oktober 1967 saat demonstrasi menentang perang Vietnam terjadi. Foto itu akhirnya menjadi simbol dari gerakan kekuatan bunga.

6. Kekuatan cinta

-

Horace Greasley tampak berdiri menantang Heinrich Himmler saat ada pemeriksaan di kamp tempat ia dikurung. Gresley terkenal karena lolos dari kamp dan menyelinap kembali lebih dari 200 kali untuk bertemu dengan seorang gadis yang dicintainya.

7. Insiden Hindenburg

Doc: Sam Shere

Foto tersebut diambil pada 1937 oleh Sam Shere. Foto tersebut menunjukkan kecelakaan yang merenggut semua penumpang yang berjumlah 36 orang di pesawat itu.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Duh, Fotografer Perang Ini Kedapatan Curi Foto Orang Lain
Artikel Selanjutnya
Terungkap, Gerhana Matahari Bisa Merusak Lensa Kamera