Sukses

Tiongkok Bangun Replika Tembok Besar China, Netizen Nyinyir

Tragisnya, tiruannya juga dibangun di Tiongkok.

Liputan6.com, Nanchang - Sebagai salah satu situs bersejarah, Tembok Besar China menjadi tempat wisata yang paling dikunjungi wisatawan. Tak heran, pada hari libur panjang pengunjung di tempat ini bisa membeludak.

Nah, bila tak tahan dengan keramaian di Tembok Besar China, Anda bisa mencoba mengunjungi replikanya yang juga  dibangun di Tiongkok. Tembok besar tiruan ini terletak di Nanchang, Provinsi Jiangxi, sekitar 1.500 kilometer dari struktur sebenarnya.

Situs kuno tiruan itu dibangun di atas berbagai bukit seperti tembok yang asli. Bahkan, juga terdapat menara pengawas yang meniru bangunan asli. Yang membedakan hanyalah panjangnya.

Bila Tembok Besar China sungguhan membentang hampir 9.000 kilometer, maka tiruannya hanya sepanjang 4 kilometer. Foto-foto replika di Nanchang itu disambut dengan respons beragam oleh netizen di media sosial.

"Tembok besar tiruan itu cukup bagus. Tidak ada hak cipta untuk yang aslinya, kan?" tulis seorang netizen.

"Tembok Besar tidak dapat disalin karena makna historisnya tidak dapat direplikasi," tulis yang lain.

Melansir dari South China Morning, Tiongkok terkenal karena sering meniru bangunan terkenal yang dibangun di tempat mereka. Sebut saja Menara Eiffel dan Patung Liberty dengan struktur yang sama persis.

Pada tahun 2014, sebuah replika Sphinx, ikon Mesir di Provinsi Hebei, dibongkar setelah dikritik oleh Kementerian Mesir. Sementara tahun lalu sebuah jam matahari di Shanghai dianggap meniru Timepiece di London.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini