Sukses

Khofifah: Dana Beli Fortuner dan Iphone Bukan di Kitabisa.com

Khofifah menegaskan, dana yang diselewengkan Cak Budi bukan berasal dari Kitabisa.com, melainkan dana yang ditransfer ke rekening pribadi

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial Republik Indonesia, membuat surat edaran terkait penyalahgunaan uang donasi di kasus Cak Budi. Isinya, Khofifah mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam menyalurkan dana bantuan sosial.

Dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Khofifah menyorot kasus penyalahgunaan dana bantuan sosial oleh Cak Budi. Dana sosial itu telah disalahgunakan Cak Budi untuk membeli mobil Fortuner dan iPhone.

Khofifah menegaskan, dana yang diselewengkan Cak Budi bukan berasal dari Kitabisa.com, melainkan dana yang ditransfer ke rekening pribadi Cak Budi. Akibatnya, dana tersebut tidak dapat dikontrol, dan diawasi publik.

"Jadi dana yang digunakan untuk membeli Fortuner dan iPhone bukan berasal dari Donasi Kitabisa.com melainkan menggunakan donasi yang langsung ke rekening pribadi milik Cak Budi dan Istri," ungkap Khofifah.

Khofifah berpesan, ke depannya agar masyarakat berhati-hati dalam memberikan donasi. Salah satunya dengan mencari tahu latar belakang donatur tersebut.

Khofifah menambahkan, dengan kejadian ini ia berharap kepedulian sosial masyarakat tetap tumbuh dan tidak luntur. Mengingat, upaya penanggulangan kemiskinan dan layanan kesejahteraan sosial membutuhkan kemitraan antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.

CEO Kitabisa.com, Alfatih Timur menjelaskan bahwa website Kitabisa.com menyediakan fitur-fitur yang membuat penggalangan dana bisa lebih transparan ketimbang menggunakan rekening pribadi.

“Di kitabisa ada fitur update sehingga setiap laporan akan terkirim ke semua email donatur, dan list donaturnya terlihat secara realtime,” ungkapnya.

Ia juga berpesan agar permasalahan yang melibatkan Cak Budi ini tidak menyurutkan masyarakat menginsiasi kebaikan. "Kitabisa.com sudah digunakan oleh ribuan penggalang dana, di antaranya pembangunan Masjid di Jepang oleh Diaspora Indonesia, galang dana banjir Garut oleh Pak Ridwan Kamil hingga pengumpulan Zakat oleh Baznas. Mereka adalah pengguna Kitabisa.com yang sangat kredibel,” pungkas pria yang akrab dipanggil Timmy tersebut.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.