Sukses

Demi Penelitian, Ilmuwan Setrum 71.000 Volt Listrik ke Tubuhnya

Tujuan eksperimen tersebut adalah untuk menguji toleransi tubuh terhadap listrik statis.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang peneliti di Tiongkok dengan berani menyetrum tubuhnya dengan mengalirkan 71.000 volt listrik statis dalam sebuah percobaan. Tujuan eksperimen tersebut adalah untuk menguji toleransi tubuh terhadap listrik statis.

Biasanya, ambang batas tertinggi listrik yang bisa mengaliri tubuh adalah 50.000 volt. Namun Liu Shanghae, akademisi di Chinese Academy of Engineering mengujinya dengan aliran listrik yang lebih tinggi.

Periset yang berbasis di Beijing ini juga mengembangkan perangkat yang digunakan untuk mengukur jumlah listrik statis di tubuh orang-orang. Nah, eksperimen tersebut membantunya memeriksa keefektifan perangkat tersebut.

Asistennya memulai dengan tingkat 20.000 volt dan menaikkan voltase secara bertahap hingga semua rambut Liu berdiri tegak.

Melansir dari South China Morning, Liu telah bekerja dalam penelitian ilmiah selama sekitar 50 tahun dan dikenal sebagai ahli keamanan elektrostatik. Ia mulai mempelajari listrik statis pada tahun 1983 karena terkejut betapa banyak orang yang meninggal karena sengatan listrik.

Penelitiannya, termasuk bekerja dengan gas berbahaya, memiliki dampak nyata terhadap kesehatan. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini