Sukses

Sabet Gelar Miss Black, Wanita Ini Malah Dibanjiri Kecaman

Kemenangan Rachael Malonson dalam menyabet gelar Miss Black University of Texas, Amerika Serikat ternyata menuai kecaman di medsos.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Kemenangan Rachael Malonson dalam menyabet gelar Miss Black University of Texas, Amerika Serikat (AS) ternyata menuai kritik di media sosial hanya karena dia tidak cukup hitam.

Perempuan berusia 22 tahun itu berhasil menyingkirkan beberapa perempuan cantik lainnya dalam kontes yang diselenggarakan Kappa Alpha Psi, sebuah persaudaraan yang didominasi kulit hitam.

Dilansir Foxnews, Jumat (5/5/2017), dalam sebuah unggahan di Facebook, Rachael mengatakan jika dia awalnya enggan berpartisipasi dalam kontes tersebut karena ras campurannya.

Namun setelah dia dinobatkan menjadi Miss Black, akun medsos dirinya mulai dibanjiri respons kritik para netizen. Banyak dari mereka mengatakan jika Rachael seharusnya tidak memenangkan kontes karena dia tidak mengidentifikasi sebagai orang Afrika Amerika.

"Saya terpaksa menjelaskan tentang diri saya, bahkan setelah mendapat gelar ini dan ada pihak yang ingin membuktikan siapa diri saya. Hanya karena saya memiliki rambut lurus tidak berarti saya bukan hitam. Saya tidak membutuhkan wajah tertentu untuk menunjukkan saya hitam," kata Rachael.

Meski menuai banyak kritik, dia akan mengambil pengalaman ini dan mengubahnya menjadi sebuah peluang untuk berbagi pelajaran kepada masyarakat.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini