Sukses

Serunya Mendaki Sambil Menikmati Sunrise di Bukit Munara, Bogor

Liputan6.com, Jakarta - Melihat terbitnya matahari di pagi buta atau istilah kerennya sunrise, merupakan sesuatu yang dapat menyenangkan hati. Selain bisa merasakan sejuknya udara di pagi buta, hal ini juga merupakan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa karena masih diberi kesempatan menjalani hari yang baru.

Untuk dapat melihat sunrise, kita dapat menikmatinya dengan berusaha bangun lebih pagi sekaligus melaksanakan aktivitas jogging atau mendaki gunung. Di sana banyak pemandangan yang indah yang tidak kita temui di dataran rendah.

Namun bagi yang belum terbiasa mendaki gunung, sangat direkomendasikan untuk melatihnya dengan naik bukit. Salah satunya adalah Bukit Munara Rumpin. Bukit ini merupakan wisata yang terletak di sebelah barat Kota Bogor, lebih tepatnya di daerah Parung. Lokasi ini sekaligus berbatasan dengan Depok dan Serpong.

Dari arah Jakarta, Anda dapat menggunakan rute Permata Hijau-Pondok Indah sampai Lebak Bulus, Jakarta Selatan, lalu mengikuti jalan hingga sampai ke arah Parung. Tiket masuknya pun sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 5 ribu sudah dapat mendaki bukit ini dan jangan lupa mengisi buku daftar pengunjung.

Pemandangan di bukit ini diawali oleh pohon-pohon bambu dan kolam ikan yang sengaja dibuat oleh warga di sana, beserta hamparan sawah-sawah yang tidak kalah menarik. Di sepanjang jalan Anda dapat menemukan goa-goa peninggalan sejarah, salah satunya Goa Soekarno.

Konon Goa tersebut pada zaman dahulu digunakan oleh Ir Sukarno untuk bersemedi. Tidak hanya itu, pada saat menuju puncak kita akan melewati tebing yang tinggi dengan akar yang sangat besar yang merupakan ciri khas Bukit Munara.

Selengkapnya baca artikel ini DISINI

Penulis :

Kezia Juwita Puspitasari

Universitas Negeri Jakarta

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Bukit Seroja Wonosobo, Wisata Alam Cantik yang Bikin Melongo
Artikel Selanjutnya
Gowes Pesona Nusantara Kenalkan Wisata Bogor