Sukses

7 Kebiasaan yang Akan Meningkatkan Kecerdasan Otak

Tujuh kebiasaan ini ternyata dapat membantu kamu mengembangkan kemampuan otak dengan latihan pikiran.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk tetap sehat, otak juga perlu latihan seperti halnya otot-otot pada tubuh. Meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan latihan mental tidak hanya akan membantu memperkuat pemikiran kamu, tetapi juga meningkatkan daya ingat dan bahkan menenangkan pikiran kamu.

Tujuh kebiasaan ini ternyata dapat membantu kamu mengembangkan kemampuan otak dengan latihan pikiran. Berikut ulasannya seperti dilansir Brightside.

1. Amati Keadaan Sekitar Kamu

Jika kamu hanya melihat dan percaya begitu saja pada apa yang dilihat mata kamu, artinya kamu telah melewatkan banyak hal selama ini. Melihat tidaklah sama dengan mengamati, cobalah kamu lebih memperhatikan lagi dengan teliti dan menganalisis apa yang kamu lihat. Kamu pasti akan menemukan hal yang hilang, kamu lupakan, atau yang kamu lewatkan. Cobalah serap apa yang ada di sekitar kamu dan jangan berhenti membayangkan.

2. Belajar Hal Baru

Jika kamu membuka pikiran dan tidak pernah berhenti belajar, otak kamu akan terbiasa untuk ingin tahu lebih banyak dan tidak pernah menghentikan proses itu. Jadi, gunakan setiap hal untuk belajar hal baru. Belajar itu tidak harus dari membaca, tetapi dari mana saja termasuk dari orang-orang yang memiliki pengetahuan yang lebih luas di sekitar kamu. Salah satu manfaat belajar yang bakal mengejutkan kamu adalah ketika kamu belajar bahasa baru.

3. Mendengarkan Dunia

Ketika kamu mendengarkan suara di sekitar, artinya kamu menyerap bagian dari dunia. Coba ketika kamu sedang berjalan, simpan smartphone kamu. Cobalah perhatikan tingkah laku mereka dan dengarkan apa yang orang lain bicarakan, bukan untuk bermaksud kepo, tapi untuk mempelajari bagaimana cara mereka berpikir.

Mungkin kamu bisa lakukan trik ini pada seseorang yang kamu suka dan belum kenal banget. Dengan menyerap informasi yang ada kamu pasti bakal bisa nyambung ketika ngobrol dengannya nanti. Kamu dapat berlatih kebiasaan ini dengan mendengarkan musik baru.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.