Sukses

Membuat Susu Sapi Tanpa Sapi, Rasa, Warna, Nutrisi, Semua Sama

Kedengarannya sangat tidak mungkin, namun keduanya mengklaim jika susu buatannya diolah dengan teknologi yang mumpuni.

Liputan6.com, Jakarta "Kita tidak lagi membutuhkan sapi untuk menghasilkan susu sapi. Kita hanya butuh menyeduhnya dengan ragi, sama seperti membuat bir." Begitulah kurang lebih kata ilmuwan yang bekerja di perusahaan Perfect Day.

Perusahaan start up berbasis di New York itu membuat susu sapi tanpa membutuhkan sapi. Ryan Pandya dan Perumal Gandh ilmuwan dari India, membuat susu sintesis yang rasa, warna serta nutrisinya sama persis dengan susu sapi.

Kedengarannya sangat tidak mungkin, namun keduanya mengklaim jika susu buatannya diolah dengan teknologi yang mumpuni. Ryan berlatar belakang teknik biomedis sementara Perumal ahli teknik mesin dan jaringan.

"Dasar dari susu kami adalah ragi. Tapi tidak ragi sembarangan. Kami menjulukinya 'buttercup' karena ragi ini ibaratnya adalah sapi kami," ujar Ryan Pandya melansir dari Oddity Central.

Apa yang mereka lakukan sungguh tidak mudah dipahami oleh orang awam. Kepada media, mereka mengaku memasukkan DNA sapi ke ragi sehingga membuatnya berfungsi seperti sapi. Dengan kata lain, mereka melakukan rekayasa genetik untuk membuat ragi tersebut.

"Ketika ragi difermentasi gula, protein yang asli (kasein dan whey) akan terbentuk. Kemudian kombinasi lemak dan nutrisi nabati menciptakan susu bebas laktosa," sambung Ryan.

Susu itu diklaim memiliki rasa yang sama, warna, tekstur hingga nutrisi yang sama. Bedanya, susu ini tidak mengandung laktosa dan tidak berasal dari sapi. "Tubuh Anda tidak bisa membedakannya karena sama dalam segala hal," ujarnya.

Susu bikinan Perfect Day dianggap memiliki keunggulan dibanding susu sapi biasa. Susu tersebut mempunyai masa simpan yang lama, bebas laktosa, bebas hormon, bebas steroid, kolesterol.

Anda tertarik mencobanya? Mereka menjualnya secara online. Banyak orang yang menjuluki susu mereka dengan sebutan susu 2.0.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini