Sukses

7 Tahun Terbaring di Kasur, Pria Paling Gemuk Minta Pertolongan

Selama hampir tujuh tahun, ia hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Pria paling gemuk di dunia tengah mempersiapkan operasi bypass lambung yang akan menyelamatkan nyawanya. Sebab selama hampir tujuh tahun, ia hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Juan Pedro Franco yang pernah beratnya lebih dari setengah ton telah menjalani diet selama tiga bulan untuk mempersiapkan operasinya tersebut. Ia akan menjalani serangkaian tes intensif, baik paru-paru, jantung, darah, dan lainnya.

Dokter berharap operasi ini dapat membantunya berjalan lagi setelah hampir tujuh tahun hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Juan dari Meksiko menjadi perhatian dunia saat fotonya diangkut dari rumah ke sebuah klinik tersebar. Ia mengaku sekian tahun tak pernah beranjak dari tempat tidurnya dan takut akan meninggal setelah berhenti diet mahal yang tak mampu dibayar orang tuanya.

Sewaktu kecil, Juan memang agak sedikit gemuk. Tapi berat badannya benar-benar membengkak setelah kecelakaan lalu lintas yang melumpuhkan dan membuatnya terbaring di tempat tidur selama lebih dari satu tahun.

"Pada saat itu, berat saya lebih dari 228 kilogram. Saya tak bisa ke mana-mana dan makin membengkak," kata Juan seperti dilansir dari New York Post.

Juan mengatakan ia selalu menanti saat-saat bisa keluar lagi, menyetir, berlari. Ia berharap operasi yang akan ia lakukan dapat mewujudkan mimpinya selama bertahun-tahun itu.

Hampir 75 persen orang dewasa di Meksiko mengalami obesitas dan jumlah penderita diabetesnya merupakan yang tertinggi di dunia. Baru-baru ini, negara tersebut mengumumkan keadaan darurat epidemiologis nasional mengenai diabetes.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini