Sukses

Analgesia, Mutasi Gen yang Bikin Orang Tidak Bisa Merasakan Sakit

Fenomena analgesia yang memungkinkan orang untuk tidak merasa sakit.

Liputan6.com, Jakarta Yang membuat cerita-cerita superhero terlihat menakjubkan karena mereka menampilkan manusia berkekuatan super. Mereka memiliki kekuatan yang hanya bisa diimpikan manusia. Entah itu telepati, terbang, berubah bentuk, dan lain sebagainya.

Kekuatan seperti itu, disebutkan hanya ada dalam dunia fiksi. Sebab mana mungkin gigitan laba-laba akan memberi kekuatan khusus kepada kita sebagaimana dimiliki Spider-Man.

Kendati demikian, tidak semua kemampuan spesial hanya ada dalam fiksi. Ada kasus di mana seseorang memiliki kemampuan spesial dalam kehidupan nyata. Bagaimanapun, yang dibutuhkan hanyalah satu mutasi gen tertentu atau tidak adanya gen tertentu bagi seseorang untuk mengembangkan kemampuan unik yang tidak dimiliki banyak orang.

Contohnya, fenomena analgesia yang memungkinkan orang untuk tidak merasa sakit. Orang-orang dengan kelainan genetik seperti ini, tidak akan merasakan sakit apa pun. Semisal ia ditusuk jarum atau ketika mereka meletakkan tangan mereka ke kompor yang menyala, mereka tidak akan merasakan sakit sama sekali.  

Dilansir dari thericest.com, mutasi ini terdengar seperti kemampuan hebat, tapi hal itu sebenarnya berpotensi mengancam jiwa. Steven Pete yang telah menghabiskan seluruh hidupnya dengan kondisi ini menjelaskan, ia tidak bisa mengetahui kapan ia mengalami cedera atau tidak.

"Aku bahkan tidak tahu menderita radang sendi. Aku tidak merasakan sakit, tentu saja. Tapi sulit bagiku untuk bergerak," ujarnya.

Tubuh yang normal akan merespons ketidaknyamanan jika ada sesuatu yang tidak beres. Maka jika rasa sakit tidak bisa dirasakan, bagaimana kita akan mengerti di bagian mana kita harus berbenah.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini