Sukses

KPB: Yuk Kenakan Kebaya di Setiap Acara

Liputan6.com, Jakarta Kebaya merupakan pakaian tradisional asal Indonesia. Pakaian yang satu ini biasanya dipakai dalam acara resmi ataupun acara formal, seperti  pernikahan, lamaran, kelulusan dan lain-lain.

Untuk lebih mengenalkan kebaya, ada sebuah komunitas yang ingin kebaya dipakai dan dikenal lebih luas/

Komunitas Perempuan Berkebaya adalah salah satu komunitas yang mewadahi perempuan Indonesia yang masih peduli dengan eksistensi kebaya sampai saat ini. Komunitas ini didirikan oleh  Rahmi Hidayati. 

Rahmi Hidayati yang juga merupakan seorang Konsultan Public Relations mengatakan, dirinya sudah mencintai kebaya dari dulu. Ia telah memakai Kebaya sejak tahun 1988. Dirinya juga menyadari memakai kebaya bukan hanya untuk acara formal saja melainkan untuk digunakan sehari-hari.

"Awalnya, aku dan temen-temen semua menggunakan kebaya saat acara Mapala Universitas Indonesia. Sejak saat itu kita berempat berpikir, jika kebaya bisa digunakan untuk naik gunung, kenapa gak bisa digunakan sehari-hari?

Makanya aku dan temen-temen memutuskan untuk mendirikan Komunitas Wanita Berkebaya," ujar Rahmi.

Masyarakat di Indonesia sudah mulai jarang menggunakan kebaya untuk kegiatan sehari-hari. Mereka merasa bahwa kebaya adalah pakaian yang kuno dan sulit digunakan. Oleh karena itu, Rahmi dan teman-temannya menjelaskan bahwa tidak semua kebaya memiliki model yang kuno dan sulit untuk digunakan.

Pada saat ini banyak sekali model Kebaya yang beredar di pasaran, tidak hanya terbuat dari bahan brookat, kini ada juga kebaya yang terbuat dari bahan kaos juga dapat kamu temui agar kamu dapat lebih nyaman menggunakan kebaya sehari-hari.

Perempuan itu berharap kebaya bisa menjadi identitas perempuan Indonesia. Selain itu kebaya dikenal dunia seperti kimono di Jepang atau Sari di India.

Penulis :

Muhammad Aizat Kautsar

Universitas Pancasila 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Kahiyang Bertukar Baju Adat dengan Calon Suami
Artikel Selanjutnya
Cerita Annisa Pohan Pilih Baju Adat Sesuai Tren Warna Milenial