Sukses

Mahasiswa Kumpulkan Uang Belikan Petugas Kebersihan Ponsel

Hanya dalam waktu beberapa jam, mereka berhasil mengumpulkan sekitar Rp 1,5 juta.

Liputan6.com, Sichuan - Setelah mengetahui bahwa seorang pekerja sanitasi di Universitas Sichuan kehilangan ponselnya, beberapa mahasiswa baik hati memutuskan untuk melakukan sesuatu. Mereka ingin membantu orangtua tersebut yang telah bekerja bertahun-tahun di universitas itu.

Awalnya, para mahasiswa membantu Ren Xingyu (63) memasang poster di jalan dan menyebarkan informasi tentang ponselnya yang hilang. Namun karena tak membuahkan hasil, seorang mahasiswi memutuskan untuk meluncurkan kampanye penggalangan dana untuk membantu membelikan ponsel baru.

Hanya dalam waktu beberapa jam, mereka berhasil mengumpulkan 817 yuan atau sekitar Rp 1,5 juta. Malahan, toko ponsel juga memberikan diskon Rp 200 ribu.

Saat mahasiswa memberikan ponsel itu pada Ren, ia dengan sopan menolak. Ia tidak tega menerima pemberian yang berasal dari dana urunan para mahasiswa tersebut.

"Kalian tidak menghasilkan uang, aku tak bisa menerimanya," kata Ren seperti dilansir dari Shanghaiist.

Akhirnya, agar ponsel tersebut mau diterima oleh Ren, para mahasiswa berkilah dengan mengatakan bahwa ponsel itu hadiah dari operator seluler.

Kebaikan para mahasiswa itu dipuji oleh netizen. Menurut mereka, apa yang mereka lakukan telah membuka harapan akan masa depan Tiongkok karena kesenjangan kekayaan yang terus melebar.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.