Sukses

5 Jurusan Kekinian yang Bisa Dipelajari di Selandia Baru

Liputan6.com, Jakarta Di dunia pendidikan, Selandia Baru telah menjadi destinasi yang semakin menarik bagi para mahasiswa internasional. Karena institusi pendidikan di negara ini telah mendapatkan pengakuan di seluruh dunia untuk pendidikan tingginya dan pelatihan-pelatihan yang berkualitas. Negara ini memiliki pilihan untuk siswa di semua tingkat, di berbagai bidang, dan pada tahun 2015 telah menyambut hampir 1.000 pelajar Indonesia.

Berkat inovasi dan pengaturan cara belajar yang unik, pelajar Indonesia yang ingin mengejar mimpi di bidang yang sedikit berbeda namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan, memiliki cukup banyak pilihan. Berikut adalah panduan singkat untuk lima jurusan kekinian yang tersedia di Selandia Baru.

1. Jurusan Film, Animasi, Efek Visual, dan Gaming

Selama beberapa tahun terakhir, pengamat film di seluruh dunia telah dibuat terpikat dengan efek visual keren yang dilatarbelakangi pemandangan Selandia Baru yang menakjubkan.

Meskipun lokasinya terpencil, Selandia Baru membanggakan salah satu perusahaan efek visual terkemuka di dunia yang ada disana – Weta Digital di Wellington. Perusahaan ini didirikan oleh penduduk asli Selandia Baru, Sir Peter Jackson, yang menyutradarai dan memproduksi The Lord of the Rings dan The Hobbit Trilogies. Weta Digital telah mendapatkan pengakuan dunia atas hasil efek visualnya yang canggih, termasuk untuk karya film blockbusters seperti Avatar, Petualangan Tintin, dan The Planet of the Apes.

Ada banyak keuntungan bagi calon pelajar animasi di Selandia Baru, di mana seluruh lembaga pendidikan menekankan pada pelatihan praktis dan pembangunan koneksi dalam industri tersebut. Misalnya, kebanyakan media dan kursus desain yang ditawarkan di negara ini memiliki kerja sama dengan Weta Digital, mulai dari menyediakan kesempatan magang, hingga pendampingan untuk mendapatkan kuliah tamu dari para profesional terkemuka di lapangan.

Universitas-universitas utama juga menawarkan beberapa kursus dalam industri seni kreatif, tetapi juga ada beberapa tempat pelatihan khusus untuk swasta seperti Media Design School di Auckland.

2. Jurusan Keamanan Cyber

Kejahatan dunia maya telah menjadi isu yang semakin berkembang di seluruh dunia, namun demand terhadap para ahli keamanan cyber semakin tidak terpenuhi.

Karena semakin banyak populasi dunia yang bergantung pada internet, kebutuhan untuk merespons ancaman pencurian dan kerusakan yang ditujukan untuk mengganggu jaringan, perangkat lunak, atau perangkat keras semakin meningkat.

Dengan mempelajari keamanan cyber, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang ini, dan siap untuk bekerja dalam berbagai peran di mana ada prospek pekerjaan yang bagus, baik itu di lembaga publik maupun swasta.

Banyak institusi Pendidikan di Selandia Baru menawarkan program studi Teknik Informatika yang diakui secara global di tingkat sarjana dan pascasarjana, namun ada juga program pascasarjana khusus yang ditawarkan seperti Master of Professional Studies in Digital Security dari Universitas Auckland atau Master of Cyber Security dari Universitas Waikato.

Universitas Waikato juga menjadi rumah bagi para peneliti keamanan cyber Waikato – universitas pertama di Selandia Baru yang mendidikasikan laboratorium penelitian di bidang keamanan cyber.

3. Jurusan Pariwisata

Jika Anda tertarik untuk membuat hari kerja Anda penuh dengan petualangan, mungkin Anda dapat mempetimbangkan untuk belajar ke Selandia Baru – yang dikenal sebagai “Ibukota Petualangan” dunia.

Penduduk Selandia Baru juga dikenal untuk inovasinya, bahkan merekalah yang menciptakan bungee jump, jet boat, dan zorbing.

Ada beberapa program studi spesialis wisata petualangan tersebar di Selandia Baru yang dapat Anda telusuri – dengan keindahan alam pantai, danau dan gunungnya menjadikannya tempat yang ideal untuk berbagai jenis olahraga petualangan.

4. Jurusan Seni Kuliner

Setiap hari, cabang hotel-hotel internasional, hotel butik lokal dan restoran, serta lounge dan bar dibuka di seluruh Indonesia.

Dan dengan para konsumen yang mulai lebih sering makan diluar dan menuntut pilihan makan yang lebih berkualitas dan inovatif, Selandia Baru memberikan kesempatan yang luar biasa bagi siswa yang mencari pelatihan kuliner yang berbeda.

Masakan "Pacific Rim" khas Selandia Baru menggunakan bahan-bahan segar, beragam, dan berkualitas tinggi dan menarik inspirasinya dari Eropa, Asia dan Polinesia.

Para siswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk terjun langsung dan berfokus pada preparasi, presentasi, dan sains di balik makanan.

Ada beberapa program studi yang ditawarkan pada tingkat yang berbeda, seperti di Le Cordon Bleu di Wellington, Universitas Teknologi di Auckland, dan Southern Institute of TechnologySouthern Institute of Technology di South Island.

5. Jurusan Pertanian

Selandia Baru memimpin dunia di bidang pertanian dan merupakan pusat inovasi agrobisnis.

Belajar pertanian di Selandia Baru akan memberikan Anda kesempatan yang tak terkalahkan untuk mendapatkan pengalaman terjun langsung di peternakan dan pusat penelitian, serta melalui studi kasus dan juga karyawisata.

Universitas-universitas Selandia Baru telah mengumpulkan banyak sekali pengetahuan, keahlian dan kemampuan penelitian di bidang pertanian, akuakultur, hortikultura dan pemeliharaan anggur, dan reputasi yang kuat yang sepatutnya didapatkan di industri terkait seperti ilmu kedokteran hewan.

Pilihan untuk tempat belajar pertanian di antaranya adalah, Universitas Massey dan Universitas Lincoln.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
6 Hobi Generasi Millennial yang Bikin Sukses di Era Digital
Artikel Selanjutnya
Tetap Eksis, Game Online HP di Kalangan Anak Muda