Sukses

5 Alasan di Balik PC Lemot dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan komputer menjadi sangat lambat.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini komputer telah menjadi salah satu kebutuhan utama, khususnya bagi mereka yang memang bekerja di bidang yang selalu bersentuhan dengan komputer, seperti pekerja kantoran, pekerja bank, dan PNS, programmer, mahasiswa dan masih banyak lagi pekerjaan lagi yang memang membutuhkan perangkat komputer.

Namun, terkadang ketika sedang berhadapan dengan komputer (atau laptop), kita sering sekali mengalami masalah terkait dengan performa komputer yang terkadang sangat lambat. Akibatnya bisa menghambat pekerjaan dan bikin emosi. Mungkin beberapa dari kita akan menganggap kalau masalah tersebut terjadi karena faktor usia komputer yang sudah lama atau karena komputer tersebut jarang dibersihkan.

Sebenarnya terdapat beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan komputer kalian menjadi sangat lambat. Apa saja faktor-faktor yang dimaksud dan bagaimana mengatasinya? Berikut ulasannya.

1. Hard disk yang terdefragmentasi

Faktor pertama yang menyebabkan suatu komputer menjadi sangat lambat adalah karena faktor hard disk kalian yang terdefragmentasi sehingga menyebabkan proses pembacaan data pada partisi hard disk kalian menjadi lambat.

Dalam melakukan proses pembacaan dan pencarian data, sistem komputer akan mencari data yang tersimpan pada hard disk menggunakan sistem indeks sehingga jika kalian tidak pernah melalukan defragmentasi hard disk, maka data yang tersimpan di hard disk kalian akan berhamburan sehingga ketika diakses, akan membutuhkan proses yang lebih lama.

Untuk mengatasinya, kalian wajib melakukan defragmentasi hard disk setidaknya satu atau dua minggu sekali. Cukup ketik disk defragmenter pada start menu dan buatlah penjadwalan defragmentasi hard disk kalian.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.