Sukses

3 Lukisan Absurd yang Harganya Lebih Mahal dari Rumah Mewah

Tetapi ada lukisan yang gambarnya sangat biasa, bahkan terkesan dikerjakan dengan asal-asalan namun bernilai tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Orang awam akan berpikir untuk membeli sebuah lukisan dengan harga miliaran rupiah. Tapi orang yang mengerti seni, nominal segitu sangat pantas, bahkan tidak sedikit lukisan terjual dengan harga triliunan rupiah.

Misalnya saja lukisan Mona Lisa, karya Leonardo da Vinci. Meski secara universal lukisan itu diakui sebagai karya seni yang bagus, namun rasanya sangat berlebihan jika harganya mencapai 750 juta dolar atau setara Rp 9 triliun lebih. Lukisan itu dibeli oleh Raja Prancis dan sekarang dipindahkan ke Museum Louvre.

Ada banyak faktor mengapa lukisan mempunyai harga yang sangat tinggi. Sebagian di antaranya karena mempunyai riwayat yang tidak biasa. Namun kebanyakan karena lukisan tersebut memang mempunyai gambar yang bagus.

Tetapi ada lukisan yang gambarnya sangat biasa, bahkan terkesan dikerjakan dengan asal-asalan namun bernilai tinggi. Lukisan itu bahkan lebih mahal dari harga rumah mewah sekalipun. Berikut ulasannya:

1. Royal Red And Blue

Apa yang istimewa dari lukisan berwarna merah dan biru, pada sebuah kanvas persegi? Orang yang bukan pelukis, kemungkinan bisa membuat lukisan itu. Konon lukisan ini dibanderol seharga Rp 999 miliar rupiah.

Lukisan itu dibuat oleh seniman ekspresionis abstrak terkenal dunia bernama Mark Rothko. Lukisan itu hanya berisi pikiran Mark yang sangat kompleks. Itu saja.

2. When Will You Marry?

Foto: Wikipedia

Harga lukisan ini Rp 4 triliun, dijual secara pribadi yang identitas pembelinya masih dirahasiakan. Pelukisnya adalah Paul Gaugin yang berkebangsaan Prancis.

Lukisan bergaya impresionis dan pasca-impresionis dilukis pada tahun 1892. Staechelin mengatakan, alasannya menjual salah satu koleksinya itu adalah permintaan pasar yang demikian besar.

3. False Start

Foto: Wikipedia

Secara keseluruhan, lukisan ini hanya terlihat sebagai coretan dengan warna dominan merah, kuning, dan biru. Pelukisnya seniman kawakan, Jasper Johns.

Tidak diketahui secara pasti apa motif yang ingin disampaikan pelukis. Namun pengusaha, Kenneth C. Griffin bersedia membayar Rp 1 triliun untuk karya seni pelukis ternama di dunia itu.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini