Sukses

8 Fungsi Keren Tombol Power di Android yang Jarang Kamu Gunakan

Namun, tahukah kamu bahwa tombol power di Android itu punya banyak fungsi, bukan sekedar untuk menyalakan atau mematikan smartphone?

Liputan6.com, Jakarta - Tombol power adalah tombol penting yang ada di semua smartphone. Baik Android maupun iPhone, atau Windows Phone sekalipun pasti membutuhkan tombol power. Dengan tombol power kamu bisa menyalakan dan mematikan smartphone kamu. Bisa dibayangkan betapa repotnya jika tidak ada tombol power, kan?

Namun, tahukah kamu bahwa tombol power di Android itu punya banyak fungsi, bukan sekedar untuk menyalakan atau mematikan smartphone? 

Bukan hanya untuk mematikan smartphone kamu, tombol power memiliki segudang fitur lain yang bisa digunakan dengan kombinasi tombol lainnya. Ini dia beberapa fungsi tombol power dan kombinasi dengan tombol lainnya yang harus kamu ketahui.

1. Menyalakan dan mematikan layar

Ini adalah fungsi tombol power yang pasti kamu ketahui. Dengan menekan dan menahan tombol power selama sekitar tiga detik, kamu bisa menyalakan atau smartphone kamu. Bayangkan jika tidak ada tombol power, kamu harus mencabut baterai jika hendak menyalakan atau mematikan smartphone. Bagaimana kalau smartphone kamu menggunakan baterai non-removable?

2. Mengunci layar Android

Pastikan untuk selalu mengunci layar Android kamu agar tidak ada orang iseng yang memainkan Android milikmu. Jika kamu mengaktifkan lockscreen di Android, secara default Android kamu akan terkunci setelah layar padam selama lima detik. Tapi kamu bisa mengubahnya untuk secara langsung terkunci setiap kali kamu menekan tombol power.

Jika malas menekah tombol power untuk mengunci Android milikmu, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Screen Off Pro. 

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.