Sukses

Pauzal Bahri, Pemuda yang Ciptakan Kaki Palsu dari Sabut Kelapa

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang mampu bangkit dari keterpurukan yang ia alami. Namun Pauzal Bahri dari Lombok Timur ini, membuktikan sebaliknya.

Sekitar 12 tahun lalu, pria ini kehilangan kaki kirinya karena kecelakaan sepeda motor. Sebagai tulang punggung keluarga, kondisi tersebut sempat membuat dirinya terguncang.

Akan tetapi, tekad menjalani hidup normal memantik semangat dirinya untuk bangkit kembali. Berawal dari pengalaman dirinya yang tak mampu membeli kaki palsu yang mahal, ia mencoba berinovasi menciptakan kaki palsu dari sabut kelapa.

Sebelumnya, Paizal telah mencoba beragam bahan baku lainnya. Dimulai dari pipa, batang pisang, serabut bambu, hingga akhirnya ia memutuskan sabut kelapa merupakan bahan baku terbaik.

Percobaan-percobaan yang ia lakukan dalam membuat kaki palsu yang nyaman, membuatnya kembali banyak beraktivitas. Keterampilan yang ia dapatkan dari berbagai percobaan, tak hanya ia simpan untuk diri sendiri.

Pauzal menyadari, banyak orang bernasib sama seperti dirinya. Oleh karena itu, pria ini tak pernah menolak membuatkan kaki palsu bagi mereka yang membutuhkan.

Kini, lebih dari 100 orang telah ia buatkan kaki palsu. Dirinya tak membani biaya sedikit pun kepada mereka yang tak punya uang. Bagi Pauzal, membantu membuatkan kaki palsu merupakan karunia Tuhan setelah begitu banyak kehilangan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Tiga Bersaudara Komplotan Curanmor Dibekuk Saat Pesta Sabu
Artikel Selanjutnya
Berani-beraninya Ganja Seberat 38 Kg Ditanam di Pekarangan Rumah