Sukses

6 Alasan Mahasiswa Pindah Kosan, No 5 Mengejutkan

Liputan6.com, Jakarta Mahasiswa pendatang seringkali mencari tempat kos untuk tempat tinggal dan kehidupannya selama kuliah. Namun, seringkali mahasiswa tersebut kerap kali pindah karena beberapa faktor.

Berikut enam alasan mahasiswa suka berpindah kosan.

1. Harga Kos Naik

Untuk para mahasiswa rantau, harga kos sangat menentukan keberlangsungan hidup selama sebulan. Pasalnya, biaya bulanan yang dikirimkan oleh orang tua cukup terbatas, belum lagi ditambah biaya sehari-hari, keperluan organisasi, dan lainnya. Tentu ketika tiba-tiba ibu kos mengumumkan bahwa harga kos akan naik, maka di sinilah saatnya untuk memikirkan tempat kos yang harganya sesuai.

2. Wilayah Kos Susah Sinyal

Mahasiswa di zaman ini sangat bergantung dengan jaringan internet di mana pun mereka berada. Tak terkecuali di tempat kos. Komunikasi yang cukup intens  sesama mahasiswa ataupun tugas tugas kuliah yang memerlukan internet sebagai referensi menjadi alasan pentingnya jaringan yang stabil dan baik demi menunjang keberlangsungan anak kos dalam mengarungi dunia permahasiswaan.

Terkadang pihak penyedia tempat kos memberikan fasilitas Free Wi-Fi di area kos. Namun adakalanya jaringan yang diberikan tak mendukung dan suka mati mendadak. Maka, ini saatnya untuk mencari tempat kos baru di wilayah yang cakupan jaringan internetnya memadai.

3. Lokasi Tempat Kos dari  Kampus

Saat masih menjadi mahasiswa baru, kebanyakan mahasiswa rantau belum mengetahui persis jarak antara tempat kos dan kampusnya. Seiring berjalannya waktu, lokasi yang kurang strategis ataupun sulitnya akses ke kampus bisa jadi pertimbangan untuk mencari tempat kos yang lokasinya sesuai dengan harapan. Dengan begitu, efesiensi waktu dan biaya akan terasa manfaatnya.

4. Teman Kos yang Berisik

Kos adalah tempat tinggal sementara bagi para penghuninya. Adakalanya kos bisa jadi sebagai rumah kedua bagi para penghuninya. Ibarat sebuah rumah, kos juga sebagai tempat melepas lelah setelah seharian beraktivitas, maka haruslah jauh dari kebisingan dan gangguan yang tak dinginkan.

Namun, seperti  halnya jika gangguan itu datang dari tetangga kos. Sangat menjengkelkan bila dia tiba-tiba mengeluarkan suara suara aneh dan mengganggu ketenangan di dalam kos. Maka solusinya adalah mencari tempat kos baru dan berharap tetangga kosmu lebih tenang dari yang sebelumnya.

5. Adanya Jam Malam

Yang satu ini untuk sering dialami para aktivis kampus. Terkadang berorganisasi sering tak kenal waktu, pulang hingga larut malam menjadi hal lumrah dialami. Bila tempat kosmu menentukan jam malam, maka sudah sebaiknya untuk mencari alternatif tempat kos lain yang tidak menjalankan aturan jam malam tersebut. 

6.Ibu Kos yang Galak

Untuk yang satu ini memang sulit diprediksi. Adakalanya sang ibu kos berbaik hati, tapi ada saatnya ibu kos naik pitam karena alasan-alasan tertentu. Lagi-lagi karena kenyamanan. Hal ini cukup mengganggu bila ibu kos sudah melewati batas wajar. Sebab, kenyamanan yang ingin diperoleh dari tempat kos justru akan hilang ketika melihat ibu kos dengan muka masamnya.

Penulis :

Darmawan Syawaldi

Citizen Journalist - Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: Sahabatliputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Penipu Jerat Ortu Calon Mahasiswa Bermodus Lulus Tes FK Unram
Artikel Selanjutnya
Aliansi Dosen Adukan Rektor UNJ ke Ombudsman soal Dugaan KKN