Sukses

Ternyata, Puasa Ramadan dan 6 Syawal Setara Puasa Setahun Penuh

Apakah kamu tahu jika dengan berpuasa selama enam hari pada bulan syawal sama seperti puasa selama setahun penuh?

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan memang menjadi bulan suci agama Islam. Pada bulan tersebut, umat muslim akan melakukan ibadah puasa dengan menahan diri dari makan, minum, napsu dan semua hal yang membatalkannya dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Salah satu dari pintu-pintu kebaikan adalah melakukan puasa. Namun, apakah kamu tahu jika dengan berpuasa selama enam hari pada bulan syawal sama seperti puasa selama setahun penuh?

Majed Mahmoud menjawab pertanyaan tersebut dalam sebuah video singkat yang dia rekam untuk The Daily Reminder. Dalam video tersebut, dia mengungkapkan jika pendapat tersebut benar.

"Rasulullah Sahallallahu Alaihi Wassalam bersabda, 'Barang siapa berpuasa di bulan Ramadan, dan mengikutinya dengan berpuasa enam hari di bulan syawal, apa yang akan terjadi? Orang itu akan diberi pahala sekan-akan mereka berpuasa setahun penuh'. Cukup tambahkan enam hari di bulan setelah Ramadan, yaitu syawal dan Allah akan memberimu pahala itu," kata Majed.

Jadi, puasa kita yang telah kita lakukan selama sebulan atau 30 hari akan digandakan menjadi sepuluh kali lipat. Selama Ramadan kita telah menjalankan puasa selama 300 hari, ditambah dengan puasa syawal enam hari. Jadi total puasa dalam setahun adalah 360 hari.

"Sekarang, untuk para saudari yang kelewatan beberapa hari puasa saat Ramadan, sejumlah ulama berkata bahwa tidak apa-apa untuk berpuasa enam hari di bulan syawal. Kemudian setelah kau selesai, kau bisa mengganti hari-hari puasamu di Ramadan," tutup Majed.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.