Sukses

Pria Ini Buktikan Kalau Bumi Datar Sambil Naik Pesawat, Caranya?

Seorang penganut teori konspirasi Bumi Datar mencoba membuktikan keyakinannya dengan melakukan satu eksperimen.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penganut teori konspirasi Bumi Datar mencoba membuktikan keyakinannya dengan melakukan satu eksperimen. Dalam eksperimennya, ia menaiki pesawat sambil membawa sebuah waterpass.

Waterpass merupakan alat yang digunakan untuk mengukur atau menentukan sebuah benda atau garis dalam posisi rata, baik pengukuran secara vertikal maupun horizontal. Untuk mengecek bidang kedataran, cukup memperhatikan gelembung cairan pada alat pengukur yang ada di bagian tengah alat ini.

Pria bernama D. Marble itu lalu mengambil penerbangan dari Carolina Utara ke Seattle untuk memantau apakah pilot akan mencondongkan hidung pesawat ke bawah saat berada di angkasa untuk menggantikan kelengkungan akibat gaya gravitasi bumi. Setelah pesawat terbang landas dan berada dalam ketinggian yang stabil, ia pun mulai merekam kondisi waterpass yang ia bawa.

"Saya mencatat selang waktu 23 menit dan 45 detik yang menurut pengukuran tersebut berarti pesawat melakukan perjalanan sedikit di atas 326 kilometer di atas permukaan tanah," ujar dia dalam videonya.

 

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa menurut matematika dan kelengkungan pada bumi yang bulat, seharusnya terdapat terjadi kelengkungan dengan perbandingan delapan kilometer. Namun pada kenyataannya, waterpass sama sekali tidak menunjukkan adanya pergeseran pada cairan di tengah alat itu.

Di akhir video, ia tersenyum senang karena berhasil membuktikan bahwa bumi sebenarnya datar. Ia pun membisikkan kalimat itu berkali-kali.

"Pahamilah kalau gravitasi itu hanya teori. Apa yang Anda ketahui sama sekali tidak benar. Sekarang kita berjuang melawa musuh!" tulisnya di Twitter.

 

Video tersebut telah membuat senang pada penganut teori konspirasi Bumi Datar. Video itu pun telah dibagi oleh beberapa komunitas Bumi Datar, termasuk Flath Earth Activism, God's Flath Earth, dan lain-lain.

Para komentator di video tersebut memuji idenya yang cerdas untuk membuktikan bahwa Bumi itu datar. Bagi mereka, eksperimen sederhana itu sudah cukup untuk membungkam mereka yang bersikukuh mengatakan kalau bumi itu bulat.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.