Sukses

Eka Gustiwana: Tak Perlu Alat Canggih untuk Mengaransemen Musik

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak kenal Eka Gustiwana? Akrab dipanggil dengan Eka, ia merupakan penulis lagu, produser musik, dan speech composer. Berawal dari keisengan mengaransemen penggalan kalimat berita dari Arya Wiguna dengan kalimat Demi Tuhan-nya.

Hingga sekarang Eka sering mush-up musik melalui kepiawaian jemari tangannya. Komposisi yang ia kreasikan dengan menggabungkan dua atau lebih lagu-lagu populer, kemudian dipotong dan dipadukan dengan lagu-lagu lainnya yang memiliki kesan yang sama.

Untuk menghasilkan irama dan melodi yang harmoni, banyak para nitizen yang bertanya mengenai alat apa saja yang dibutuhkan untuk mush-up musik.

“Buat mush-up musik tidak sesulit yang kamu bayangkan. Alat-alat yang dibutuhkan sebuah laptop atau PC, DAW Favorite, pemahaman tentang teori dasar, dan produksi musik yang sekarang dengan mudah di akses melalui internet. Jangan sampai terburu-buru mengeluarkan uang yang tidak seharusnya kamu keluarkan," ujar Eka.

Ia menambahkan bahwa sebaiknya memulai dari apa yang telah dimiliki. Investasi terbaik di kemampuan produksi bukan semata-mata alat canggih. Jika sudah memiliki rezeki dan kemampuan terasah semakin baik, barulah berinvestasi pada alat baru dan diusahakan menggunakan software asli.

"Biar lebih berkah dan terasa sangat beda," tambah Eka.

Bagi Eka, ide kreatif sangatlah mahal. Akan tetapi jauh lebih mahal nilai dan manfaatnya setelah ide dalam kepala itu bisa diwujudkan menjadi sebuah karya yang nyata. Ide yang masih tertanam dalam pikiran hanyalah sebuah ide, selama masih belum berwujud dalam karya nyata.

Penulis:

Annisa Rahmawati

Bina Sarana Informatika

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: Sahabatliputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Jago Beatbox dan Acapella, Aksi Prajurit TNI Bikin Kagum
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Penerjemah Terbaik untuk Traveler