Sukses

Kenalkan, 5 Hacker Abege Paling Berbahaya Saat Ini

Selain orang dewasa, ternyata ada juga anak remaja yang sudah menggeluti profesi sebagai hacker.

Liputan6.com, Jakarta - Masih segar di ingatan kita beberapa waktu yang lalu. Jagat internet baik media sosial atau pun portal-portal berita Indonesia dihebohkan oleh aksi seorang hacker belia yang ditangkap oleh aparat cyber crime karena berhasil meretas 4.600 website dan mengambil keuntungan materi dari aksinya itu.

Hacker bernama Sultan Haikal ini lulusan SMP dan sewaktu ditangkap umurnya baru 19 tahun. Ia mulai belajar hacking sejak usia relatif muda. Kabar terakhir, Haikal akan direkrut oleh Polri karena skill-nya itu.

Selain orang dewasa, ternyata ada juga anak remaja yang sudah menggeluti profesi kontroversial ini. Berikut lima hacker muda yang sempat menggegerkan dunia.

1. Ryan Cleary dan Jake Davis

Pada 2011, dua orang remaja Inggris menjadi perhatian publik. Mereka adalah Ryan Cleary yang saat itu baru berusia 20 tahun serta Jake Davis yang baru berumur 19 tahun. Keduanya melancarkan aksi serangan ke webiste papan atas, termasuk website badan inteligen Amerika yaitu CIA.

Pentagon, Sony, dan Nintendo juga sempat mengalami gangguan akibat serangan tersebut. Yang menghebohkan, mereka juga berhasil membobol website media ternama Inggris, yaitu The Sun. Headline The Sun sempat mereka ganti, yang isinya headline itu mengabarkan berita hoax bahwa pemilik media itu yaitu Rupert Murdoch, telah meninggal dunia.

2. DJ Stolen

Tahun 2011, seorang hacker yang menamakan dirinya DJ Stolen sempat menjadi pemberitaan besar. Ia yang kala itu masih berusia 18 tahun menjebol laptop ataupun PC para penyanyi terkenal.

Ia pun berhasil mencuri lagu Lady Gaga, Kesha, Leona Lewis, Justin Timberlake, dan Mariah Carey yang belum dirilis ke publik dan kemudian lagu itu pun dia jual di internet. Dia bahkan berhasil mencuri foto mesum dari komputer Kesha. Sang hacker pun akhirnya berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman selama 18 bulan dan harus menjalani terapi kecanduan internet.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.