Sukses

Temuan Dinosaurus Lapis Baja Berusia 110 Juta Tahun, Seperti Apa?

Seekor nodus berumur 110 juta tahun, ditemukan dengan setengah dari kulit dan baju besinya yang utuh.

Liputan6.com, Jakarta - Fosil dinosaurus datang dalam berbagai bentuk, tetapi kebanyakan dari mereka adalah kerangka yang tidak lengkap. Oleh karena itu, saat menemukan fosil yang lengkap, penemuan tersebut dapat dianggap menggembirakan.

Beberapa bulan lalu, untuk pertama kalinya, fosil dinosaurus ditemukan dalam keadaan masih terbungkus lapisan kulitnya. Tak hanya itu, tubuhnya juga dibalut oleh "baju besi" yang membuatnya tampak kokoh.

Seekor nodus berumur 110 juta tahun, ditemukan dengan setengah dari kulit dan baju besinya yang utuh. Ini dianggap sebagai salah satu dinosaurus terbaik yang pernah ditemukan.

Fosil dinosaurus itu ditemukan di sebuah tambang di Alberta, Kanada. Yang menarik, pelapis baju besinya masih begitu kuat hingga operator alat berat yang tak sengaja menemukannya, gagal menyebabkan kerusakan yang signifikan.

Melansir dari Iflscience, panjang fosil tersebut sekitar 5,5 meter dengan berat setidaknya 1,1 ton. Dinosaurus berkaki empat ini merupakan yang tertua yang telah digali di wilayah ini.

"Saya merasa seperti ini adalah fosil paling mengesankan yang pernah saya lihat," kata Franzi Sattler, ahli paleontologi dari Universitas Berlin.

Menurut dia, umumnya jenis fosil invertebrata dan vertebrata ditemukan dengan warna tulang yang berbeda, tetapi penemuan kali ini bukan hanya tulang belaka. Bagi para penemu, dinosaurus yang ditemukan kali ini benar-benar seperti saat ia hidup.

"Saya hanya bisa membayangkan betapa mengasyikkannya mengerjakan spesimen ini. Cantik!"

Meski terlapis baja, fosil ini masih agak rapuh saat pertama kali digali dari pasir minyak Alberta. Butuh sebuah tim yang bekerja selama lima tahun untuk mengekspos kulit, tulang, dan baju besi nodosaurus.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.