Sukses

Lima Hal yang Membuat Mahasiswa Dipandang Jelek oleh Dosen

Liputan6.com, Jakarta Aturan di lingkungan kampus tentu berbeda dengan aturan di lingkungan sekolah. Aturan di kampus cenderung lebih bebas dan terbuka, sementara aturan di sekolah bersifat ketat dan tidak bisa ditawar.

Hal itu yang membuat mahasiswa kerap melanggar aturan. Terkadang mahasiswa akan beretorika sehingga ia bisa lolos dari aturan.

Namun tahukah kamu, ada beberapa hal yang membuat dosen tidak menyukai mahasiswa. Dengan alasan apa pun, berikut lima hal yang membuat dosen berpandangan buruk terhadap mahasiswa, dilansir dari berbagai sumber.

Sering datang terlambat

Hal ini sangat sering dilakukan oleh para mahasiswa. Mereka selalu memiliki sejuta alasan ketika mereka datang terlambat dalam perkuliahannya, tidak hanya itu sering kali mahasiswa yang terlambat masuk dalam kelas mengganggu konsentrasi mahasiswa lain maupun dosen.

Suka membolos

Tipsen (titip absen) mungkin itulah istilah yang tepat untuk mahasiswa yang suka membolos, tapi tetap membubuhkan absensi kehadiran dalam kelas. Mahasiswa seperti ini akan dipandang sebelah mata oleh dosen.

Tidak fokus dalam perkuliahan

Kebanyakan mahasiswa yang duduk di bagian belakang kelas sering kali tidak memperhatikan ketika dosen sedang mengajar, terlebih lagi di era modern  ini penggunaan gadget semakin menjadi-jadi. Hal ini sering kali membuat dosen tidak nyaman dalam mengajar perkuliahan.

Malas mengerjakan tugas

Tugas yang menumpuk adalah salah satu hal yang menjadi ciri khas mahasiswa. Para mahasiswa biasanya akan mengeluh ketika tugas menumpuk dan dosen tidak menoleransi dalam pengumpulannya, hikmah yang bisa dipetik dari hal di atas ialah dosen memberikan banyak tugas untuk membiasakan mahasiswanya dapat mempelajari lebih jauh lagi materi yang diberikan olehnya.

Suka memplagiat

Istilah di atas mungkin sedikit agak ngeri. Tetapi inilah kalimat yang tepat untuk mahasiswa yang sering menjiplak hasil karya temannya. Apa yang kamu lakukan sekarang akan menentukan apa yang terjadi di masa yang akan datang. Istilah inilah yang harusnya ditanamkan pada diri mahasiswa agar setiap kali melakukan kegiatan belajar selalu lurus jalannya.

Penulis:

Muhammad Aizat Kautsar

Universitas Pancasila

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Menguatnya Konservatisme dan Fanatisme Umat Beragama
Artikel Selanjutnya
Menteri PPN Ingin Mahasiswa Jadikan Wirausaha sebagai Cita-Cita