Sukses

Kisah Persahabatan Abdul Soleh dan Harimau Bernama Mulan Jamilah

Liputan6.com, Jakarta Kisah persahabatan ini dimulai dari pekerjaan seorang pria bernama Adulllah Soleh sebagai pengasuh predator paling mematikan di alam liar. Satu dasawarsa yang lalu, pria yang akrab disapa Soleh itu, telah menjadi pengasuh seekor anak harimau Benggala berumur 3 tahun.

Hingga akhirnya mereka menjadi sangat dekat bahkan di saat harimau itu dewasa. Mereka menghabiskan hampir setiap menitnya sepanjang hari dengan bersama-sama. Tak jarang, mereka tidur di kandang yang sama.

"Jika saya tidak di rumah, Mulan akan mencari saya. Dia akan cemas," ujarnya seperti dilansir Oddity Central.

Harimau Benggala itu diberi nama Mulan Jamilah. Soleh mendapatkannya dari sumbangan salah satu sekolah Islam di Malang, Jawa Timur. Pemilik sebelumnya mengaku tidak dapat merawat anak harimau spesies asli India itu.

"Itulah sebabnya saya akan selalu bersamanya untuk bermain, tidur, dan memberinya makan. Begitulah saya menghabiskan hari-hari saya," ujarnya.

Soleh mengaku, satu-satunya masalah bagi mereka adalah cara bercandaan yang berbeda. Bercandaan Mulan tak jarang membuat Soleh terluka. Soleh menunjukkan, nyaris di seluruh tubuhnya terdapat bekas cakaran harimau seberat hampir 200 kg itu.

Soleh sebenarnya sadar betul dengan resiko tersebut. Sebagaimana kucing peliharaan, saat bermain, Mulan bisa menggaruk, mencakar, dan menggigit.

"Untuk itulah saya harus lebih mengetahui karakternya," ujar pria berambut gondrong itu.

Soleh mengaku terbiasa dengan bercandaan Mulan yang terkadang hampir membuatnya mati. Ia membebat  lehernya dengan kain tebal agar tidak terluka. Menurutnya, leher adalah area yang paling disukai Mulan.

"Dan ini adalah area yang cukup sensitif jika tergores atau digigit," katanya.

Setiap harinya, Abdul Soleh menghabiskan sekitar 6 kg daging ayam atau kambing. Terkadang ia memberikan daging itu dengan mulutnya sendiri layaknya kawanan harimau berbagi buruan di alam liar.

Namun uniknya, kata Soleh, Mulan Jamilah, harimau kesayangannya itu sangat menyukai mi instan. Persahabatan mereka telah berlangsung selama lebih dari 10 tahun. Soleh mengaku, semakin lama hubungan mereka semakin erat.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik lainnya. Yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini