Sukses

12 Cara Ampuh Membuat Baterai Smartphone Awet

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone sekarang rata-rata dibekali dengan layar luas, prosesor cepat dan dukungan RAM besar untuk kemampuan multitasking yang tinggi. Akibatnya, kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan pun semakin besar

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan ini bisa membuat kecanduan smartphone, serta umur baterai menjadi pendek. 

Kesal kan jika baru juga pakai tiga bulan, baterai smartphone kamu udah harus ganti? Guna memperpanjang umur penggunaan baterai smartphone, kamu bisa melakukan cara-cara berikut:

1. Hindari mode getar

Mode getar memudahkan kamu untuk tetap mendapatkan notifikasi tanpa berisik. Tapi hal ini justru membutuhkan daya besar untuk menggetarkan mode vibrator yang ada sehingga baterai harus bekerja lebih.

Untuk menghemat baterai smartphone dan menjaga agar baterai tidak cepat rusak, sebaiknya gunakan mode silent saat meeting.

2. Jangan biarkan smartphone overheat

Smartphone akan overheat jika digunakan terus menerus. Agar tidak overheat, coba gunakan smartphone dengan bijak, seperti menggunakan kamera hanya saat perlu, dan mematikan aplikasi dari background.

3. Hindari permukaan panas

Selain membuat kecerahan layar berkurang, panas sinar matahari langsung akan membuat permukaan smartphone jadi overheat. Panas dari luar yang bertemu dengan panas permukaan baterai akan berisiko membuat baterai smartphone jadi cepat kembung dan mudah drain.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.