Sukses

Sambut Bulan Ramadhan, Hidangan Ini akan Jadi Serbuan Buka Puasa

Liputan6.com, Jakarta Marhaban Yaa Ramadhan, selamat datang bulan yang dimuliakan. Inilah kalimat yang akan sering kalian dengar selama satu bulan ke depan. Selain melakukan ibadah rohani, berbagai tradisi pun muncul di masyarakat. Salah satu tradisi ketika Ramadhan adalah kuliner menjelang buka puasa.

Tentunya selama Bulan Ramadhan, hidangan yang disajikan oleh setiap keluarga berbeda dari hari biasanya. Berbagai jenis makanan khas Ramadhan selalu menjadi incaran masyarakat.
 
Salah satunya adalah buah kurma, makanan yang selalu ada untuk pembatal puasa ini merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah. Buah kurma  mempunyai manfaat yakni dapat mengatasi anemia, menjaga gigi, dan tulang agar tetap sehat. Buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Ada juga minuman khas Ramadhan yang banyak diminati saat buka puasa, yaitu es blewah. Minuman satu ini cukup digemari karena rasanya yang segar. Es blewah adalah minuman yang terdiri dari air putih, es, blewah, dan pemanis. Sehingga minuman ini sangat pas disajikan saat berbuka.

Sementara  itu makanan khas Ramadhan yang menjadi primadona saat berbuka yaitu ketupat. Makanan yang dibungkus oleh anyaman daun kelapa ini sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Makanan ini cocok disajikan bersamaan dengan makanan yang bersantan.

Hidangan Ramadhan menjadi salah satu kekayaan kuliner Nusantara. Banyak tradisi yang menyertai keunikan kuliner terutama dari sisi budaya lokal Indonesia. Hidangan tradisi Ramadhan dimiliki oleh hampir seluruh Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Keistimewaan setiap daerah akan kuliner dan pengaruh rempah yang berlimpah menambah keragaman kuliner untuk berbuka.

Penulis:

Fatricia Risti Wulanda
Universitas Moestopo

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: Sahabatliputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
7 Tradisi Hidangan Khas Lebaran yang Paling Ngangenin
Artikel Selanjutnya
Suasana Kekeluargaan WNI di Milan Saat Ramadan