Sukses

Cara Mudah Ketahui Anda Mengalami Ketidakseimbangan Hormon

Liputan6.com, Jakarta Hormon memiliki peran sangat penting dalam mengatur banyak fungsi dalam tubuh. Oleh sebab itu, masalah ketidakseimbangan hormon, meski dalam intensitas yang kecil, tetap dapat memengaruhi fungsi tubuh tertentu.

Kita tentu tahu bahwa stres merupakan gangguan yang disebabkan oleh hormon yang dikenal dengan nama kortisol. Saat hormon ini dilepaskan, maka seseorang akan cenderung merasa stres, frustasi, dan cemas yang tidak menentu. Perubahan mood yang secara tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Tubuh terdiri dari berbagai kelenjar yang menghasilkan hormon berbeda-beda, yang berguna untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh secara semestinya. Bila terjadi ketidakseimbangan dari salah satu hormon tersebut, fungsi tubuh yang terkait dengan hormon ini akan terganggu atau mengalami masalah. Mulai dari keinginan untuk terus makan yang sulit dikontrol sampai susah tidur, berikut tanda-tanda dan cara mengetahui jika Anda mengalami masalah ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh.

1. Suasana hati

Ketidakseimbangan hormon juga bisa menyebabkan kegelisahan, mood atau suasana hati yang sering berubah-ubah, dan depresi. Pada wanita, biasanya mereka mengalami emosi tersebut sebelum menstruasi dan juga pada saat menopause. Hal ini disebabkan karena rendahnya kadar estrogen dalam tubuh.

2. Gangguan tidur

Mengalami masalah tidur menjelang siklus bulanan? Hal ini disebabkan karena meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh. Perubahan hormonal ini juga bisa mengganggu kualitas tidur sehingga membuat seseorang mengalami susah tidur meski di malam hari.

Selengkapnya

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini