Sukses

Anak Penyadap Pohon Karet Mendapatkan Beasiswa dari Unnes

Liputan6.com, Jakarta Dari pekerjaan sebagai penyadap pohon karet dengan pendapatan Rp 37 ribu, sudah dipastikan orangtua Rochayani akan sulit untuk membiayai kuliah. Namun, berkat Beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), impian Rochayani melanjutkan pendidikan bisa terwujud.

Rochayani kini dapat mengecap bangku pendidikan tinggi di jurusan Sosiologi dan Antropologi, Universitas Negeri Semarang (Unnes). 

Hal itu disampaikan oleh Suprapto, ayah Rochayani saat mengantar anaknya registrasi di gedung Auditorium Prof Wuryanto, Kampus UNNES Sekaran, Selasa (30/5/2017).

Suprapto sungguh bahagia anaknya bisa menikmati bangku kuliah dengan bantuan Bidikmisi. “Saya tidak menyangka anak saya bisa kuliah. Saya berterima kasih kepada Unnes dan pemerintah yang sudah membantu mewujudkan cita-cita anak saya untuk menjadi guru,” tutur Suprapto.

Hal serupa juga dirasakan Rochayani setelah menerima Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan resmi jadi mahasiswaUnnes.

“Saya senang sekarang sudah menjadi mahasiswa UNNES. Saya akan bersungguh-sungguh dalam kuliah. Saya harus berprestasi karena itu merupakan pertanggungjawaban saya kepada pemerintah yang telah memberikan beasiswa bantuan pendidikan,” kata gadis muda itu.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNNES Bambang BR menyampaikan, UNNES sangat memperhatikan anak yang berprestasi, tapi kurang beruntung secara ekonomi. "Tahun ini UNNES mempunyai kuota beasiswa bantuan pendidikan Bidikmisi sebanyak 1.200, yang selalu kita kawal agar tepat sasaran," kata dia.

Harapan selanjutnya, penerima beasiswa bantuan pendidikan Bidikmisi ini harus terus berprestasi baik akademik maupun non-akademik. UNNES akan memberikan perhatian besar serta memfasilitasi mahasiswa berprestasi untuk dapat berkarya di kancah internasional.

Penerima Beasiswa Bantuan Pendidikan Bidikmisi akan mendapatkan biaya hidup sebesar Rp 650 ribu per bulan.

Penulis :

Setiyo

Universitas Negeri Semarang

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Cara Titiek Puspa Jaga Kelangsungan Hidup Generasi Penerus
Artikel Selanjutnya
Sambut Pagi Penuh Cinta dengan Anyaman Jerami di Sawah