Sukses

Tak Perlu Pakai Tiket, Naik Pesawat JetBlue Bisa dengan Selfie

Selfie boarding adalah bagian dari tren besar yang dibuat JetBlue dan maskapai penerbangan lainnya untuk mengadopsi teknologi self-service.

Liputan6.com, Jakarta - JetBlue akan menjadi maskapai penerbangan pertama yang terhubung dengan sistem Customs and Border Patrol (CBP) dari Amerika untuk pengenalan wajah biometrik di pintu masuk saat boarding.

Penumpang yang sudah punya ID biometrik ini tak perlu menunjukkan tiket fisik ataupun elektronik mereka pada petugas saat boarding pass. Mereka bisa naik pesawat dengan selfie alias datang mendekati kamera di pintu masuk lalu berfoto.

Kamera ini nantinya akan mengirimkan foto penumpang tersebut ke sistem CBP yang secara otomatis langsung menyesuaikan paspor, visa, dan foto imigrasi yang ada di database. Dalam waktu yang bersamaan, sistem tersebut pun akan memverifikasi detail penerbangan si penumpang.

Sistem yang disebut selfi-boarding dilakukan untuk mengeliminasi proses cek paspor secara manual saat boarding pass. Jadi, hanya perlu melihat ke kamera, kamu sudah bisa naik pesawat dengan selfie saja.

Selfie boarding ini adalah bagian dari tren besar yang dibuat oleh JetBlue dan maskapai penerbangan lainnya untuk mengadopsi teknologi baru self-service. Sehingga, tak perlu ada antrian panjang di saat proses sebelum atau sesudah penerbangan.

Proses selfie-boarding biometrik ini akan diperkenalkan saat penerbangan dari Logan International Airport, Boston, ke Queen Beatrix International Airport, Aruba pada bulan Juni nanti.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.