Sukses

Mahasiswa UNM Ciptakan Alat Canggih Zebra Cross Alarm

3 Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) menciptakan sebuah alat yang diberi nama ZESAR

Liputan6.com, Jakarta 3 Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) menciptakan sebuah alat yang diberi nama ZESAR (ZEBRA CROSS ALARM), yang berfungsi sebagai alarm peringatan bagi pengendera motor maupun mobil yang melakukan pelanggaran melewati batas berhenti Zebra cross.

Adapun 3 Mahasiswa tersebut ialah Muh Isman Ismail Ntonga selaku ketua tim dari Pendidikan Teknik Elektro dan anggotanya adalah Indah Permata Suryaningsih dari Pendidikan Teknik Elektronika dan Risky Wijaya dari pendidikan teknik elektro.

Adapun prinsip kerja dari alat ini yaitu apabila ada pengendara motor ataupun mobil yang melewati batas berhenti zebra cross maka sensor akan mendeteksi pelanggaran dan alat ini akan mengeluarkan suara alarm hingga pengendara yang melakukan pelanggaran mundur ke belakang garis batas.

Tidak hanya sebagai alarm pendeteksi pelanggaran alat ini juga akan mengambil gambar para pelanggar dan mengirimnya ke server yang telah dibuat.

"Melihat kondisi yang ada di lapangan, banyak pejalan kaki telah dirampas, melihat kondisi ini maka muncul sebuah ide untuk membuat alat yang mampu mengatasi masalah tersebut”

Ini baru tahap awal dari alat ini, kedepannya alat ini akan dikembangkan sehingga mampu mendeteksi data dari pengendara yang melakukan pelanggaran sehingga bisa digunakan untuk kepentingan pihak yang berwajib.

Kampus UNM berada di Jalan A.P.Pettarani,Gunungsari,Tidung,Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.