Sukses

7 Masjid Unik di Indonesia Ini Bikin Kamu Melongo

Tujuh masjid unik di Indonesia ini bisa kamu kunjungi selama Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Safari Ramadan menjadi perjalanan yang dilakukan selama bulan suci Ramadan. Meskipun harus seharian berpuasa, tak ada salahnya jalan-jalan ke masjid-masjid unik yang memiliki arsitektur hingga bangunan yang unik.

Safari Ramadan bisa juga dilakukan saat menunggu waktu berbuka sekaligus bisa mendapatkan takjil gratis yang disediakan di beberapa masjid. Terlebih pada malam hari selepas salat Isya, kamu bisa melaksanakan salat tarawih bersama di masjid-masjid yang berbeda.

Berikut tujuh masjid unik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi selama Ramadan.

1. Masjid Tiban Turen, Malang

Masjid ini punya daya pikat dari arsitekturnya yang tak lazim dengan masjid lainnya di Indonesia. Masjid Tiban memiliki corak yang khas seperti gaya arsitektur Timur Tengah, bahkan ada juga yang menyamakan dengan gaya India.

Masjid ini pernah viral karena konon pembangunannya dibantu oleh jin meskipun sudah dibantah oleh pengelola masjid. Masjid unik dengan arsitektur gaya Maroko ini beralamat di Jalan Wahid Hasyim Gang Anggur No 10, Desa Sananrejo, Turen, Malang, Jawa Timur.

2. Masjid Al Irsyad, Bandung

Masjid megah dekat pintu Tol Cimahi, Bandung, ini memiliki arsitektur dinding dengan tulisan lafaz “Laa ilaha illallah." Sang arsitek merupakan sosok yang sangat dikenal sebagai Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Masjid ini tidak memiliki kubah dan berbentuk kubus jika dilihat dari pantauan udara.

Salah satu yang membuat pengunjung tertarik adalah bagian mihrab masjid yang langsung disajikan pemandangan padang rumput yang indah. Sehingga ketika sedang salat, seolah-olah disajikan dengan pesona ciptaan Tuhan yang maha menawan.

Masjid Al Irsyad Bandung ini beralamat di Jalan Parahyangan km 2.7 Kota Baru Bandung, Jawa Barat.

3. Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

Masjid yang dibangun dengan arsitektur tahan gempa ini memiliki gaya yang sangat indah dengan menggunakan ciri khas kearifan lokal setempat. Masjid ini tak memiliki kubah, melainkan memiliki atap dengan ciri khas rumah Miangkabau.

Masjid Raya Sumatera Barat ini beralamat di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara, Sumatera Barat.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.