Sukses

5 Cara Tak Canggung Minta Maaf pada Ayah

Liputan6.com, Jakarta Sosok ayah adalah sosok yang dingin. To the point, tegas, dan tidak menye-menye. Maka ketika bermasalah dengan ayah, terkadang kita sebagai anak canggung untuk meminta maaf.

Meskipun sosok ayah terlihat seperti tak peduli, pada dasarnya ia sangat pengertian. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat bermasalah dengan ayah dan hendak meminta maaf.

Ajak ngobrol

Ketika kamu berbuat salah dan ayah mendiamkanmu, ada baiknya kamu mulai membuka obrolan dengannya. Buat obrolanmu menarik untuk diperbincangkan sehingga hal ini akan mencairkan suasana antara kamu dan ayah. Baru ketika suasana terasa cair, meminta maaflah.

Jangan menjawab ketika sedang diomelin

Hal ini yang selalu dilakukan oleh anak pada umumnya. Ketika ayah sedang memarahimu dengan omelan, usahakan sebisa mungkin jangan menjawab perkataan yang terlontar dari mulut ayah, karena ketika kamu menjawab, yang terjadi adalah ayah akan menjadi sebal dan suasana pun akan menjadi sangat kacau. Ketika itu terjadi, dengarkan. Karena kemarahan seorang ayah adalah tanda sayang.

Akui kesalahan

Sebagai anak yang berbuat salah, kamu harus mengakui kesalahanmu di depan ayah, karena dengan hal ini, ayah akan berpandangan bahwa kamu sudah mulai dewasa dan berani mengakui kesalahanmu. Mengakui kesalahan sebaiknya diikuti dengan janji agar tidak mengulangi kesalahan.

Cari waktu yang tepat

Kamu sebagai anak yang berbuat salah harus pintar melihat keadaan untuk meminta maaf kepada ayah. Sejatinya seorang ayah akan selalu menyayangimu dalam keadaan apapun meskipun kamu sedang dalam keadaan bersalah. Namun, terkadang seorang ayah sedang lelah dan ingin beristirahat. Maka tunggulah sampai ia benar-benar dalam keadaan santai.

Hangout bareng

Ketika keadaanmu dan ayah sedang tidak bersahabat, ada baiknya kamu mengajaknya hang out bareng, sekadar untuk menghilangkan penat dan membicarakan persoalan yang sedang terjadi dengan kepala dingin. *

Penulis:

Muhammad Aizat Kautsar

Universitas Pancasila

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: Sahabatliputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

Artikel Selanjutnya
Istri Benarkan Caisar Minta Cerai Sejak Joget Lagi
Artikel Selanjutnya
Kabar Opick Digugat Cerai, Begini Curhat Sang Istri