Sukses

Syiar Ramadan, FIM Sumbar Renovasi Panti Asuhan

Forum Indonesia Muda (FIM) Sumatra Barat semakin menyebarkan manfaat kegiatannya ke tengah masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Forum Indonesia Muda (FIM) Sumatra Barat semakin menyebarkan manfaat kegiatannya ke tengah masyarakat. Setelah sukses menghelat Ramadhan Leadership Camp pada 2-4 Juni 2017 lalu, FIM Sumbar kembali memulai agenda syiar Ramadhan di bulan ini.

Lokasi syiar dakwah itu dilakukan di Panti Asuhan Albarkah Lubuk Minturun, Kota Padang. Kegiatan bertajuk “FIMadani (FIM Ramadhan dalam Harmoni) 1438 Hijriah” dimulai pada 8-14 Juni 2017.

Sejumlah kegiatan dilakukan. Mulai dari renovasi Panti Asuhan, peresmian Pustaka Mini, Stand Up Dakwah Ustad Sadri, Dongeng Ramadhan yang dibawakan Kak Nia dan Kak Ichi, Buka Puasa kerja sama dengan Dompet Dhuafa Singgalang, Penyerahan Paket Ramadhan berupa baju muslim dan buku, serta Penyerahan Bantuan berupa 1 unit komputer, Alqur'an, dan buku.

Foto: Istimewa

Koordinator FIM Sumbar dr. Poby Karmendra mengatakan, acara Ramadhan ini berlanjut dengan sejumlah kegiatan, seperti Lomba (kolase kaligrafi, MSQ dan Tahfiz Qur'an) di Masjid Al Ikhwan Sawahan Timur yang memperebutkan Piala Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Sunatan Massal, Pembagian sembako untuk Dhuafa, Pembagian takjil di Pasar Raya Padang untuk petugas kebersihan dan pemulung.

Dipilihnya Panti Asuhan Albarkah, jelas Poby, setelah dilakukan survei di beberapa daerah. “Panti ini lebih urgen dibantu berhubung tidak ada donatur tetap untuk operasional, berada di pinggir Kota Padang, dan keadaan fisik bangunan yang kurang layak,” kata Poby.

Foto: Istimewa

Panti Asuhan itu berdiri pada tahun 1999, tetapi sempat ditutup selama lima tahun berhubung tidak adanya donatur tetap, kemudian aktif kembali pada 2016 sampai sekarang.

“FIMadani merupakan agenda tahunan FIM Sumbar di bulan Ramadhan. Tema tahun ini Mensinergiskan Peningkatan Imtaq di Era Kemajuan Iptek,” kata Ketua Panitia, Isra Fauzan.

Foto: Istimewa

Di puncak FIMadani 1438 H, diselenggarakan Batagak Koord, pemilihan koordinator baru menggantikan Dr. Poby Karmendra. Pimpinan baru FIM Sumbar itu diharapkan mampu membawa FIM Sumbar lebih produktif dan memberikan kontribusi nyata di tengah masyarakat.

Kegiatan itu juga dihadiri Pendiri dan Pembina FIM Pusat Bunda Tatty Elmir dari Jakarta.

Kegiatan ini didukung sejumlah pihak, di antaranya Dompet Dhuafa Singgalang, Semen Padang, Rabbani, PLN, Salero Minang Denhaag, Forum Aktif Menulis Indonesia, Forum Pegiat Literasi (FPL) Padangpanjang dan sejumlah donatur lainnya. (*)*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.