Sukses

Gelar Akademik Pria Ini Panjangnya Menuhi Layar Presentasi

Liputan6.com, Jakarta Jika mencari satu gelar akademik saja rasanya sudah empot-empotan, lalu bagaimana jika 100 gelar? Mungkin Anda butuh waktu seumur hidup.

Akan tetapi, seorang profesor bernama V.N Parthiban, memiliki gelar akademik sebanyak 145. Ketika ditulis, gelar itu panjangnya sampai memenuhi layar presentasi.

Melansir The Sunday Indian, Parthiban pernah berkuliah di lebih dari 100 jurusan di beberapa kampus di India. Gelar-gelar tersebut di antaranya adalah 12 gelar riset (M.Phil), 8 gelar sarjana hukum (ML), 10 gelar kesenian (MA), 8 gelar perdagangan (M.Com), 3 gelar ilmu pengetahuan (M.Sc) dan 9 gelar bisnis (MBA).

"Ada 95 gelar lainnya yang saya peroleh di kampus lokal di Chennai," ujarnya.

Hebatnya, semua gelar akademik tersebut ia peroleh dari proses belajar. Parthiban mengaku mempunyai hobi belajar. Saya sangat suka belajar. Hal itu tidak sulit sama sekali,” tuturnya.

Meskipun Parthiban memiliki gelar terpanjang di dunia, ia bukan orang paling jenius di dunia. Justru Parthiban adalah seseorang yang mudah lupa.

Ia mengisahkan jika tak jarang ia salah membawa buku saat mengajar di kampus. Ia mengaku bahwa dirinya sulit untuk mengingat sesuatu.

Pria paruh baya itu menjadi dosen tak tetap di beberapa kampus di India. Ia juga sering diundang untuk berbicara mengenai pentingnya pendidikan. Sebab, Parthiban berasal dari kalangan miskin di India.

Namun dengan keterbatasan itu, Parthiban memperoleh 145 gelar akademik. Hingga kini Parthiban pun masih memutuskan untuk tetap belajar.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Kecerdasan Buatan Tulis Novel ke-6 Game of Thrones hingga Tuntas
Artikel Selanjutnya
Jadi Maba, Begini Keseruan Komika Muda Musdalifah Basri