Sukses

Paspor Paling Langka, Hanya Ada 3 di Dunia

Paspor ini hanya ada tiga di dunia. Paspor apa?

Liputan6.com, Jakarta - Ukuran kekuatan paspor suatu negara terletak pada jumlah negara yang memungkinkan pemegangnya melakukan perjalanan tanpa mengajukan visa. Berdasarkan ini, paspor Jerman memiliki pengaruh besar yang memungkinkan warganya pergi ke 176 dari 218 negara di dunia.

Sementara itu, dari sekian banyak paspor di dunia, paspor The Sovereign Military Order of Malta dikenal sebagai paspor paling langka di dunia. Hanya tiga buah yang pernah dikeluarkan yaitu untuk grand master, wakil grand master, dan kanselir.

Paspor tersebut dikeluarkan pada abad pertengahan saat pemerintahannya masih bernama the Sovereign Military Hospitaller Order of Saint John of Jerusalem of Rhodes and of Malta. Lebih lengkapnya, menurut Business Insider paspor tersebut berasal dari Crusader Knights Hospitaller pada tahun 1099.

Pemerintahan tersebut kehilangan pulau Malta pada tahun 1800, dan sejak saat itu, mengeluarkan prangko, mata uang, dan paspornya sendiri. Dan sejak saat itu, paspor The Sovereign Military Order of Malta tak pernah lagi diterbitkan.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.