Sukses

5 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Anak Rantau Sebelum Mudik

Liputan6.com, Jakarta Pulang ke kampung halaman adalah hal yang paling ditunggu anak rantau. Rindu akan keluarga dan suasana kampung halaman membuat mereka ingin cepat kembali ke kampung halaman dan meninggalkan rutinitas.

Sebelum pulang ke kampung halaman, banyak hal yang harus dilakukan oleh anak rantau, mulai dari beres-beres, hingga membeli tiket. Sebaiknya, persiapan sebelum mudik disiapkan dari jauh-jauh hari agar tidak mengganggu perjalanan.

Berikut lima hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mudik.

1. Cari teman seperjalanan

Sepi rasanya ketika di perjalanan tidak ada teman untuk diajak berbicara. Ada baiknya kamu mudik bersama teman yang searah dengan kampung halaman agar perjalanan tidak terasa membosankan.

2. Beli tiket jauh-jauh hari

Bagi kamu yang mudik dengan menggunakan transportasi umum seperti pesawat, bus, atau kereta, sebaiknya kamu membeli tiket dari jauh-jauh hari, karena akan kecil kemungkinan untuk mendapat tiket saat hari H.

3. Bawa obat anti mabuk

Ketika kamu memutuskan untuk pulang kampung dengan bus ataupun kereta, jangan lupa membawa obat anti mabuk, karena akan sangat berguna bagi kamu yang suka mabuk darat.

4. Selesaikan tugas dan pekerjaan

Sebelum pulang ke kampung halaman akan lebih tenang jika kamu tidak meninggalkan pekerjaan ataupun tugas dari dosenmu.  Selesaikanlah semua pekerjaan dan tugas sampai tuntas agar liburanmu terasa lebih menyenangkan, bebas dan leluasa.

5. Amankan barang berhargamu 

Pastikan seluruh barang berhargamu aman. Kamu bisa membawanya bersamamu saat mudik atau meninggalkannya di kosan. Sembunyikan barangmu di tempat yang aman atau titipkanlah ke penjaga kos atau teman terbaikmu.

Penulis :  

Muhammad Aizat Kautsar

Universitas Pancasila 

Artikel Selanjutnya
Habis Lebaran ART Enggak Balik Lagi? Bukan Masalah!
Artikel Selanjutnya
Cuti Bersama Efektif Kendalikan Macet Mudik Lebaran 2017