Sukses

Waspada, Kini Malware Bisa Infeksi PC Tanpa Perlu Diklik

Para penjahat siber sudah menemukan terobosan baru dalam menanamkan virusnya kepada perangkat.

Liputan6.com, Jakarta - Rasanya tak ada habisnya jika membahas seputar virus yang mengancam perangkat PC maupun gadget kita. Setelah beberapa waktu lalu dihebohkan dengan kemunculan Ransomware, kini giliran si pemain lama, Malware, yang sepertinya ingin kembali mencuri headline.

Malware merupakan kependekan dari malicious software (perusak perangkat), sebenarnya sudah ada sejak tahun 2007. Namun, semakin berkembangnya beragam antivirus mau tak mau mendorong si virus untuk juga berkembang. Itulah yang nampak terjadi belakangan ini pada malware.

Dilansir Engadget, Selasa (13/6/2107), para penjahat siber sudah menemukan terobosan baru dalam menanamkan virusnya kepada perangkat, yakni dengan menggunakan malware downloader yang dapat meng-install Trojan dalam jumlah besar tanpa harus meng-klik apapun. Sebagai gantinya, cukup dengan mengarahkan pointer mouse pada link virus yang dimaksud, si virus sudah mampu menjangkit PC kamu.

Link tersebut dikirimkan melalui e-mail. Biasanya, perusahaan atau organisasi resmi yang menjadi target, tetapi tak menutup kemungkinan juga menargetkan individu. Dengan kedok mengirim urusan pekerjaan (proposal atau invoice) atau dokumen personal (lamaran pekerjaan atau undangan interview), e-mail tersebut kemudian mengarahkan si pembaca pada sebuah link. Dan jika si pembaca mengarahkan kursor mouse ke link tersebut, selesai sudah.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.