Sukses

Perhatikan 5 Hal Ini Jika Ingin Skripsimu Berjalan Lancar

Liputan6.com, Jakarta Mempunyai gelar sarjana merupakan keinginan dan impian setiap mahasiswa. Banyak proses yang harus dilewati untuk mendapatkan gelar tersebut. Skripsi ialah salah satu proses yang wajib dilewati. Namun masih banyak mahasiswa yang  menyepelekan kelulusan dan masih senang menghabiskan waktu untuk bersantai.

Jika skripsimu ingin lancar dan lulus tepat pada waktunya, lakukan 5 hal ini untuk mempermudahnya.

Pertama ada dua hal yang berkaitan dengan perencanaan kelulusan kamu, pertama ialah tingkat kesulitan topik tugas akhir lalu kedua rencana pengerjaan skripsi. Hal yang harus kamu lakukan ialah pilih topik penelitianmu lalu musyawarahkan bersama dosen pembimbingmu.

Kedua ialah buat target untuk kelulusanmu. Jika target lulusnya akhir tahun maka siapkan skripsimu untuk dipertanggungjawabkan. Gunakan waktu luang untuk skripsimu. Biasanya skripsi dikerjakan ketika SKS kuliah sudah sedikit bahkan sudah tidak ada sama sekali. Hal inilah yang menjadikan waktu luang menjadi banyak.

Ketiga, gunakan waktu luangmu sebaik mungkin. Manfaatkan waktu luangmu untuk mengerjakan skripsi agar lancar di kemudian hari.

Keempat Jangan menghilang dari Dosen Pembimbing, hal inilah yang membuat dosen pembimbing tidak respect pada mahasiswa yang suka menghilang atau tidak ada kabar.

Jika kamu mendapati kesulitan dalam penelitianmu/skripsimu datanglah ke dosen pembimbing kamu. Karena sudah merupakan tanggung jawab seorang pembimbing untuk membimbingmu sampai skripsimu selesai.

Yang Terakhir yaitu mulailah nyicil menulis. Ada saatnya kita jenuh mengerjakan skripsi, saat seperti inilah waktu yang tepat untuk mencicil menulis. Mulailah dengan sekadar membuat layout skripsi seperti margin, spasi, judul bab, dan sebagainya.

Jangan takut dengan revisi setelah selesai dengan pengerjaan skripsi dosen pembimbing akan merevisi tulisan kamu. Revisi bisa berupa hal kecil seperti format penulisan, saran penulisan, urutan sub-bab yang kecil, format gambar, format tabel, dan sebagainya.

Terbiasalah dengan revisi karena dengan revisi kita tahu kesalahan kita, jadi selesaikan revisi dari dosen pembimbingmu dengan cepat maka skripsi akan cepat selesai dan kelulusan ada di depan mata.

 

Penulis:

Muhammad Aizat Kautsar

Universitas Pancasila

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Jangan Ragu Ungkapkan 6 Hal Ini Pada Pasangan
Artikel Selanjutnya
10 Cara Menghindari Stres Kerja agar Lebih Produktif