Sukses

SM3T Karimun Berbagi dengan Anak Yatim

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan 2017 menjadi momen berkesan bagi Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (SM3T) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) penempatan Kabupaten Karimun. Bulan penuh berkah ini mereka isi dengan kegiatan berbagi bersama Anak Yatim dari Panti Asuhan Jabal Nur, Tanjung Balai Karimun.

Koordinator SM3T Karimun, Edy Sulistyono mengatakan, Ramadan merupakan kesempatan bagi guru SM3T untuk berkumpul. Sebab, selama 10 bulan ini mereka tinggal terpisah diantara belasan pulau penempatan yang ada di Kabupaten Karimun.

"Selain meningkatkan tali silaturahmi antar sesama guru SM3T Karimun, kami manfaatkan kegiatan ini untuk saling berbagi," kata pria yang akrab disapa Tyok tersebut.

Foto: Istimewa

Berbagai kegiatan dilaksanakan dan dikemas dalam acara buka bersama. Seperti tausiah dan pembacaan ayat suci Al Quran oleh santri dari Panti Asuhan Jabal Nur, dongeng oleh guru SM3T Karimun, serta penyerahan santunan hasil donasi yang terkumpul oleh SM3T Karimun. "Berbagi tidak selalu dengan uang, tetapi juga ilmu, kebahagiaan, dan berkah. Kami juga belajar dari adik kita di Panti Asuhan Jabal Nur," ujar Tyok.

Dia menjelaskan, semangat belajar anak Panti Asuhan Jabal Nur membuat guru SM3T Karimun terkesan. Selain pendidikan agama, anak Panti Asuhan Jabal Nur juga mementingkan pendidikan formal. Bahkan beberapa diantaranya bisa masuk perguruan tinggi di Tanjung Pinang dan Pekan Baru. "Kita semakin sadar bahwa tidak hanya kebutuhan makan untuk anak yatim saja yang kita perhatikan, tetapi biaya pendidikan," tuturnya.

Tyok berharap, kegiatan tersebut dapat menambah iman dan takwa guru SM3T Karimun dan menyadarkan bahwa masih ada yang perlu kita perhatikan selain diri sendiri. "Berbagi mengajarkan banyak hal tentang kehidupan. Kasih sayang serta kepedulian," tutupnya.

Penulis:

Wahyu Perwitasari 

*Yuk tonton video menarik berikutini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Yuk Bantu Anugerah, Sekolah Gratis untuk Anak Berkebutuhan Khusus
Artikel Selanjutnya
Fun Raiser Berani Mimpi Rayakan HUT RI bersama Anak-anak Papua