Sukses

Wisata Religi: Tradisi Nyadran Dewi Ayu di Desa Kepetingan

Liputan6.com, Sidoarjo Sidoarjo: kota yang memiliki banyak sekali sejarah dan ciri khas. Bahkan, setiap desa di Sidoarjo pun juga memiliki sejarah dan tempat wisata masing-masing, baik itu wisata alam atau pun wisata religi. Seperti halnya wisata religi yang berada di desa Kepetingan Buduran Sidoarjo, Jawa Timur.

Wisata religi di desa ini adalah berkunjung ke makam Dewi Ayu Sekardadu. Wisata religi ini memiliki daya tarik sendiri jika dibandingkan dengan wisata religi di daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Sayangnya masih banyak warga Sidoarjo yang belum mengetahui wisata religi ini.

Desa Kepetingan ini terletak di ujung timur Sidoarjo, lebih tepatnya berdampingan dengan Desa Sawoan yang berjarak sekitar 30 menit dari kota Sidoarjo. Terdapat dua jalur yang dapat ditempuh untuk menuju Desa Kepetingan ini, baik jalur darat maupun jalur laut. Jalur laut dapat di tempuh menggunakan sampan atau perahu dari Desa Bluru Kabupaten Sidoarjo.

Selain terdapat wisata religi, di desa ini juga terdapat tradisi yang biasanya dilakukan sebelum Ramadan tepatnya bulan Sya’ban. Nama tradisi ini sendiri adalah “nyadran”.

Tradisi ini biasanya ditujukan sebagai simbol untuk rasa syukur terhadap rejeki yang telah Tuhan berikan. Yang ikut meramaikan tradisi ini bukan hanya warga sekitar saya, melainkan juga warga luar daerah. Salah satunya yaitu masyarakat dari kota Gresik.

Tradisi ini sudah lama dijalankan oleh masyarakat sekitar. Setiap tradisi ini digelar, akan selalu banyak pengunjung yang hadir menonton atau mengikuti jalannya acara tradisi ini.

Dengan ragam tradisi yang ada di sekitar, kita harus dapat melestarikan dan menjaga salah satu tradisi khas kota udang (Sidoarjo).

Penulis:

Nurul Anwar

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Berlangsung Meriah, Festival Budaya Tua Buton 2017
Artikel Selanjutnya
Seram, Ini Sedekah Bumi Apa Tawuran?