Sukses

6 Tips Nyaman Membawa Bayi Saat Mudik dengan Pesawat

Bagi sebagian orang, mudik bersama bayi adalah momok yang cukup menakutkan.

Liputan6.com, Jakarta - Mudik seharusnya menjadi tradisi yang asik untuk dijalani. Apalagi kalau naik pesawat dan dilakukan bersama si kecil.

Bagi sebagian orang, mudik bersama bayi adalah momok yang cukup menakutkan. Kalau kamu salah satunya, jangan khawatir lagi karena berikut ini ada tips untuk mudik bersama bayi di pesawat.

1. Sesuaikan jadwal pesawat

Saat membawa bayi bepergian, memang banyak sekali persiapannya. Apalagi kalau mudik, yang biasanya bisa makan waktu perjalanan berjam-jam. Nah, menyesuaikan jadwal pesawat adalah satu hal yang mesti dilakukan pertama kali saat merencanakan perjalanan mudik.

Apa yang perlu disesuaikan? Tentu saja sesuaikan jadwal penerbangan dengan jam makan dan jam istirahat si kecil. Jangan lupa untuk memperhatikan kalau harus melakukan transit.

Yang paling pas adalah menyesuaikan jadwal penerbangan dengan jam tidur bayi. Dengan begitu diharapkan bayi akan tertidur sepanjang perjalanan dan terhindar dari jetlag.

2. Bandingkan harga tiket anak tiap maskapai

Beda maskapai, beda juga peraturannya. Coba deh, sebelum membeli tiket cek dan bandingkan dulu harga dari tiap maskapai.

Biasanya, sebagian besar maskapai pasti mengharuskan penumpang anak berusia di bawah dua tahun untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa, tanpa perlu dikenakan biaya tiket. Namun, dengan ketentuan satu penumpang dewasa hanya boleh memangku satu anak.

Nah, ada maskapai yang mengharuskan bayi atau anak dikenakan tiket seharga beberapa persen dari tiket penumpang dewasa.

Bahkan, ada pula maskapai yang memberlakukan harga tiket untuk bayi atau anak-anak dengan harga yang sama dengan penumpang dewasa jika menempati tempat duduk sendiri.

3. Ketahui jatah bagasi maskapai

Yang namanya membawa bayi, pasti barang keperluannya akan lebih memakan tempat dan juga lebih berat.

Karenanya, sebelum membeli tiket pastikan apakah harga tiket anak termasuk jatah bagasi atau tidak. Jadi bisa memperkirakan banyaknya barang bawaan yang akan dibawa.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.