Sukses

4 Hal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Rantau Saat Tidak Mudik

Liputan6.com, Jakarta Mudik pasti menjadi hal yang paling dinanti-nantikan bagi semua orang. Bukan hanya bagi mereka yang merantau, tapi juga bagi kamu yang memiliki keluarga yang tinggal di luar kota. Mudik menjadi saat yang tepat untuk bersilaturahmi dan berkumpul.

Sayangnya, tidak semua orang dapat melakukan mudik. Uang yang pas-pasan, kehabisan tiket transportasi dan banyaknya aktivitas yang belum selesai, sering menjadi alasan perantau tidak dapat meninggalkan kesibukan sehari-harinya. Bagi kamu yang tidak mudik, kamu bisa melakukan empat hal di bawah ini untuk mengisi hari-harimu.

1. Ngumpul bareng temen

Cara yang satu ini bisa dibilang sebagai cara yang jitu bagi kamu yang tidak mudik. Carilah beberapa temanmu yang kebetulan juga tidak mudik. Ajaklah dia untuk pergi bersamamu atau kamu juga bisa mendatangi tempatnya untuk sekadar bercerita dan bersenda gurau.

2. Liburan

Tidak perlu liburan ke tempat yang mahal dan jauh. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat wisata terdekat. Sebagai contoh, jika kamu berasal dari Jakarta, kamu dapat melakukan liburan singkat ke Monumen Nasional, Museum Sejarah Fatahilah dan lain-lain. Tidak perlu mahal, asal refreshing.

3. Telepon orang tua

Walaupun kamu tidak pulang mudik Lebaran, jangan sampai lupa menghubungi keluargamu. Karena pastinya, keluargamu menunggu kabar darimu, terlebih lagi ibu pasti akan sangat menunggu kabarmu.

4. Kerjakan skripsimu

Jika kamu merupakan seorang mahasiswa tingkat akhir, kamu dapat mengisi waktu luang mudikmu untuk mengerjakan skripsi. Hal ini sangat positif untuk dilakukan. Karena dengan hal ini, kamu akan cepat lulus dan tidak membuang-buang waktu.

Penulis:

Muhammad Aizat Kautsar

Universitas Pancasila

*Yuk tonton video menarik berikut ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Cuti Bersama Efektif Kendalikan Macet Mudik Lebaran 2017
Artikel Selanjutnya
Polri: Jalur Darurat Berperan Besar Urai Kemacetan saat Mudik